Sorga Tersembunyi Air Panas Bayanan Jambeyan Sragen Ramai Dikunjungi Wisatawan Domestik

THI. Sragen - Pemandian air panas Bayanan sudah mengalami proses renovasi total. Dengan menambahkan wahana bermain air pada tahun 2020, kembali mengalami renovasi dengan lebih menarik lagi dari sebelumnya di sini untuk menambah daya tariknya para wisatawan lokal dan domestik, jumat tgl (08/07/22).

Wisata pemandian air panas Bayanan ramai dikunjungi para wisatawan lokal.


Pemandian ini memiliki kolam yang ada kandungan belerang juga mineral yang cukup tinggi. Banyak khasiat yang bisa terasa ketika badan berendam di pemandian ini.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Bayanan Rp 5000, tiket masuk area wisata ini cukup terjangkau. Harga tiket masuk untuk hari libur Rp 6000,- di pemandian air panas ini. Tiket tersebut sudah termasuk biaya untuk menikmati kolam pemandian air panas dan arena lainnya. Untuk parkir pengunjung harus membayar biaya tambahan di luar tiket masuk.

Daya tarik utama dari kawasan wisata ini yaitu area pemandian air panansnya. Bentuk dari tempat pemandiannya yaitu berupa bilik bilik yang berisi maksimal oleh satu orang. Terdapat beberapa bilik dan di masing masing bilik tersedia bathtub dan gayung. Pengunjung akan mendapat waktu berendam maksimal 30 menit dengan suhu air sekitar 32o sampai 35o celcius yang cukup hangat untuk memberikan terapi pijat alami dengan sentuhan air kehangatan.

Air panas di sini mengandung belerang yang cukup tinggi dan bisa bermanfaat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Masalah seperti sakit kulit, reumatik, kolesterol tinggi, asam urat, menyegarkan badan, meningkatkan vitalitas tubuh, sampai membuat awet muda bisa menjadi rujukan bagi pecinta wisatawan lokal.

Di sini juga terdapat sebuah kolam renang dengan pepohonan yang tinggi menjulang. Ada suara suara burung juga suara alam khas pengunungan bisa terdengar secara alami. Suasana yang asri dan sejuk bisa menenangkan pikiran saat berenang di kolam, berenang di sini juga cocok untuk relaksasi dan menghilangkan kepenatan.

Fasilitas di pemandian air panas Bayanan cukup memberikan kenyamanan bagi pengunjung, beberapa fasilitas tersedia di sini untuk menunjang aktivitas liburan para wisatawan lokal. Fasilitas tersebut yaitu kolam air panas, panggung hiburan, gazebo, bangku yang tersebar di beberapa titik, dan arena bermain anak. Selanjutnya ada juga toilet umum, kamar mandi bilas, ruang ganti, musala, dan lokasi parkir.

Lokasi pemandian air panas Bayanan terletak di dukuh Bayanan desa Jambeyan, kecamatan Sambirejo, kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Secara geografis, lokasi wisata ini terletak di lereng gunung lawu, selain itu lokasi wisata ini juga berbatasan langsung dengan Jawa Timur dan kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.

Pengunjung harus menempuh jarak 17 km jika berangkat dari pusat kota Sragen. Pada saat awak media mengunjungi lokasi tersebut, kami mendapat sambutan baik oleh Yanuar P.S pengelola juga selaku penanggung jawab obyek wisata Bayanan tersebut, ucapan selamat datang dari penjaga tiket yang ramah tamah dalam melayani pengunjung yang selalu mengutamakan pelayanan dan servis.

Awak media saat menikmati panorama kolam renang khas air panas Bayanan.


Selain orang dewasa, anak anak kecil pun terlihat senang dan ceria bermain main dikolam dan di area sekitar. Terlihat lebih ramai dari sebelumnya apa lagi dengan bangunan bangunan spot yang tampil baru dan lebih indah dari sebelumnya, sehingga pengunjung dapat berselfiria bersama keluarga. (Puguh)