Pertama Jurnalis Perempuan Menjadi Ketua IWO Sumatera Utara

TH.Indonesia. Medan - Minggu tgl (21/01/18), Sumatera Utara-‎Pengurus Propinsi (PP) Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumatera Utara dan Pengurus Daerah (PD) Kota Medan resmi dilantik oleh Pengurus Pusat (PP) IWO, yang dihadiri langsung Jodhi Yudono selaku Ketua Umum PP IWO dan Sekretaris I Edward Panggabean.

Mei Leandha siap pimpin IWO Sumut 2018-2023. 

Pelantikan IWO untuk Pengurus Propinsi Sumatera Utara dan PD Kota Medan periode 2018-2023 berlangsung di Hotel Grandhika Medan di Jalan Setia Budi, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan, Jum'at malam,19 Januari 2017.

Untuk PW IWO Sumatera dipimpin ‎Mei Leandha sebagai Ketua PW IWO Sumatera Utara dan Sekretaris PW IWO Sumatera Utara, Teuku Yudhistira. Sementara itu, Ketua PD IWO Kota Medan Erie Prasetyo dan Sekretaris PD IWO Kota Medan, Syaiful D.

Selain pelantikan, pengurus IWO juga mengelar program charity ke panti asuhan, berupa pemberian sembako ke yayasan penyantunan yatim piatu Aceh Sepakat Darul Aitam Medan.

Pada hari kedua, Sabtu tgl (20/01/2018)digelar dialog bersama pengurus dalam melaksanakan tugas peliputan, sekaligus mengingatkan tugas pokok dan fungsi masing-masing bidang kepengurusan. 

Kegiatan itu disampaikan oleh Sekretaris I PP IWO, Edward Panggabean bersama Sekretaris Propinsi Teuku Yudhistira dan Ketua IWO Kota Medan Erie Prasetyo.

Ketua Umum PP IWO, ‎Jodhi Yudono mengatakan dengan kepengurusan baru terbentuk IWO di Sumatera Utara ini, bisa menjalani organisasi ini dengan dan dijadikan wadah organisasi profesi wartawan yang bermanfaat bagi anggota dan masyarakat luas.

‎"IWO Lahir disini sebagai perjalanan dunia jurnalistik disini di Sumatera Utara. Jadi kita harus tau, gelagat zaman sudah mu kemana. Sekarang ini zaman edan. Ini Zaman Post Modern," kata Jodhi saat memberikan kata sambutan.

Jodhi mengatakan IWO bisa memberikan pemberitaan untuk membendung berita hoax, yang selama ini terus menghantui dan membodohi masyarakat secara umumnya.

"Saat ini banyak berita hoaks, masyarakat sudah tidak percaya lagi dengan media. Makanya mereka buat berita sendiri di media sosial. IWO hadir untuk mengembalikan kepercayaan itu lagi," jelas Jodhi.

‎Ketua PW IWO Sumut, Mei Leandha, mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh pihak untuk membantu pelantikan dan hadir dalam pelantikan PW IWO Sumatera Utara dan PD IWO Kota Medan.

"IWO Sumut ingin mengembalikan kepercayaan publik terhadap media, khususnya media online.

Apalagi maraknya berita hoaks di tengah masyarakat. Kita tidak mau masyarakat dibodoh-bodohi oleh berita hoaks. Kita yang mesti menjadi penangkal masyarakat dari berita bohong," jelas Mei.

Mei mengatakan dengan terbentuk kepengurusan IWO ini, diharapkan bisa membangun jiwa profesional wartawan dalam menyampaikan informasi dalam pemberitaan.

"Kita juga akan terus melakukan peningkatan kualitas terhadap seluruh anggota sumut. Karena sebagai jurnalis kita harus bertangggung jawab terhadap berita dan membuat berita yang bertanggung jawab," tutur Mei.

"Kita akan mengawal kebijakan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Kita tetap melakukan kritik terhadap pemerintah. Tujuannya membangun bangsa dan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Dewan Kehormatan PW IWO Sumatera Utara, Raden Muhammad Syaf'i mengatakan keberadaan IWO ditengah Masyarakat sangat baik. Apa lagi, IWO mempunyai misi untuk ‎membendung pemberitaan hoax.

"Karena IWO dalam marsnya, sudah jelas kebohongan adalah musuh bersama. Disini sayang sangat senang melihat IWO. Saya siap bertukar pikir untuk memajukan IWO kedepannya," kata pria yang akrab disapa Romo.

Maneger SDM dan Umum PT. PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara,Suyadi mengatakan dalam mencampai kinerja, PLN sendiri butuh media untuk menyampaikan informasi yang mungkin kami tidak bisa secar langsung kepada masyarakat.

"Maka teman-teman media yang menyampaikan informasi kepada pelanggan PLN maupun yang akan menjadi pelanggan PLN. Tahun 2018, kebijakan PLN Sumut adalah peningkatan penyambungan. 12 Bulan ini sudah ditentukan program-program yang sudah dirancang," tutur Suyadi.

Ia mengharapkan PLN dan IWO menjadi mitra baik kedepannya untuk mendukung seluruh program pembangunan listrik nasional dilakukan PLN. Suyadi juga mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus di PW IWO Sumater Utara dan PD IWO Kota Medan.

"Harapan kami untuk IWO SUmut dan Kota Medan bisa menyampaikan kepada masyarakat Sumut. Karena walaupun sudah kita lakukan kegiatan sosialisasi , belum bisa menjangkau seluruh pelanggan," tandasnya.

Dalam pelantikan ini, dihadiri Dewan Kode ‎etik, PW IWO Sumatera Utara, Ade Sandra Purba, Raden Muhammad Syafii. 

Selanjutnya Dewan Etik dan Kehormatan PD IWO Kota Medan, Sutrisno P, AKBP MP Nainggolan mewakili Polda Sumut, Mewakili Kodam I/Bukit Barisan, Mayor Yamin Sonar dan sejumlah pejabat lainnya.

Adapun Pengurus harian Propinsi IWO Sumut yang dilantik diantaranya yakni, Ketua Mei Leandha, Wakil Ketua I Joko Irawan, Sekretaris Teuku Yudhistira. 

Kemudian, Wakil Sekretaris Ilham Pane, sedangkan Bendahara ditunjuk Yulinda Siregar serta berbagai bidang lainnya.

Sementara untuk pengurus harian IWO di Kota Medan, mereka yang didapuk adalah Ketua Erie Prasetyo, Wakil Ketua I, Herdiansyah, Sekretaris Syaifullah dengan Wakil Sekretaris Bagoes Maulana, sementara sebagai Bendahara Aulia Ramadhan Ray selain itu berbagai bidang lainnya. ($.tugi)