Semangat Pemuda Panca Marga Untuk NKRI Bersama TNI Kepada Bangsa Indonesia

TH.Indonesia. Pati - Minggu tanggal 21 Januari 2018 dimulai Pukul 10.30 wib bertempat  di Aula Kantor Kecamatan Cluwak Desa Plaosan Kec. Cluwak telah dilaksanakan HUT KE 37 PEMUDA PANCA Marga CABANG PATI TAHUN 2018 Kab. Pati.
 
Letkol Arief Darmawan : Pemuda Panca Marga harus menjadi garda depan NKRI. 

Kegiatan tersebut dihadiri beberapa Pejabat termasuk dari Kodim Pati yang langsung dihadiri oleh Dandim 0718 Pati Letkol Arm Arif Darmawan S.Sos, Wabup Pati Saeful Arifin, anggota Dewan dari partai Golkar Muh Setyadi, Muspika Kec.Cluwak, WAkil ketua Markas Daerah Semarang Drs H.Afif, dan seluruh Danramil eks. Kawedanan Tayu.

Ketua Cabang PPM Pati Sunarto SH, Ketua Ranting PPM 02 Cluwak Suyitno Spd, Kades sekecamatan Cluwak
Anggota dewan Cluwak dan seluruh anggota PPM Cab. Pati, FKPT Perwakilan Karang taruna Kab. Pati dan rombongan Dari LVRI Kab. Pati.

Sambutan ketua markas cabang PPM Kab.Pati Sunarto mengatakan bahwa kami laporkan untuk ketua PPM Jateng tidak bisa hadir karena untuk saat ini Ketua masih ada kepentingan disingapura.

Dihari ulang tahun PPM yang ke 37 ini mari kita gugah kembali dan tumbuhkan semangat dan energik guna menghadapi tugas kedepan.

Sengaja di Hari ulang tahun ini kami selenggarakan diwilayah agar selalu bisa membaur dengan masyarakat. PPM ini adalah pengabdian kepada bangsa dan negara juga merupakan sebuah Organisasi kemasyarakatan dibawah TNI.

Kami mohon kepada Dandim untuk memberikan semangat kepada kita khususnya warga PPM. Demikian dari kami apabila ada hal hal yang kurang berkenan kami mohon maaf yang sebesar besarnya.

Ucapan terimakasih atas kehadiran Bapak ibu sekalian di siang hari ini, saya ucapkan terima kepada bapak ibu yang telah menyumbangkan fikiran dan tenaga sehingga acara ini bisa berjalan dengan baik.

Kami mohon maaf apabila ada kekurangan dalam penyelenggaraan acara ini selanjutnya kami minta saran dan koreksi agar ada perbaikan untuk kedepan.

Kemudian kami mohon setelah acara ini untuk bapak ibu sekalian untuk berfose bersama karena agenda kami kedepan akan kita buat dokumentasi yang lebih lengkap," Suyitno.

Sebagai Wakil Bupati Pati Saeful Arifin mengatakan semoga momentum HUT PPM ke 37 Pemuda Panca Marga ini dapat meningkatkan kometmen dan motivasi semua jajaran pengurus dan anggota pemuda panca marga kabupaten Pati dalam kiprahnya membangun masyarakat daerah bangsa dan negara.

Mari kita jadi kan organisasi ppm sebagai organisasi yang konstruktif inovatif kreatif dan eksis dalam berperan menyelesaikan Berbagai persoalan bangsa.

Kalau kita tidak bisa berdisiplin bagaimana kita bisa menjaga kesatuan bangsa dan negara ini, sebagi organisasi Pemuda Panca Marga hendaknya bisa menjadi cerminan bagi pemuda pemudi yang lain.

PPM hendaknya Mampu menjadi perekat kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia, PPM harus mampu membantu persoalan bangsa saat ini Pati. 

Dandim 0718 PATI Letkol Arm Arief Darmawan S.Sos pada intinya memberikan penyampaian dan penekanan kepada seluruh Personel PPM yang ada bahwasanya ;

Pertama-tama saya selaku Pembina PPM mengucapkan selamat ulang Tahun ke-37 kepada Organisasi Pemuda Panca Marga dimana dengan usia tersebut apabila dianalogikan dengan hidup anak manusia sudah masuk pada fase"Dewasa", hal tersebut tentunya juga harus disertai dengan cara berfikir, bersikap dan bertindak yang terbaik bagi organisasi PPM sendiri, masyarakat disekitarnya serta bangsa dan negara.

PPM merupakan organisasi warisan yang diakui oleh Negara dengan anggotanya adalah putra putri atau anak cucu dari para Pejuang. PPM juga merupakan keluarga besar Tentara Nasional Indonesia / TNI oleh karenanya harus ikut serta menjaga nama baik TNI. 

Tujuan organisasi ini bukan untuk petantang petenteng tetapi diawasi oleh TNI supaya tujuannya menjadi jelas, agar mempunyai karya yang jelas sehingga berbuat sesuai dengan kondisi sesuai dengan pekerjaan dan sesuai kemampuannya.

Untuk itu, saya berharap kepada generasi muda yang tergabung dalam PPM, sebagai bagian dari KBT, hendaknya memiliki wawasan dan semangat kebangsaan yang lebih baik dari kalangan pemuda pada umumnya.

Hal ini mengingat latar belakang historis keberadaan PPM yang tidak dapat dipisahkan dari militansi perjuangan para pahlawan bangsa guna mengisi kemerdekaan yang telah dengan susah payah diraih oleh para Pejuang kita dengan mengorbankan jiwa dan raganya serta air mata dan darahnya.

Selain itu dengan Ulang Tahunnya yang ke-37 ini, saya juga berharap dalam perjalanan organisasi kedepan kiranya segenap anggota PPM dapat melakukan introspeksi dan evaluasi internal.

Sehingga dapat mengetahui apa yang menjadi kekurangan, kelemahan dan kekuatan yang ada pada organisasi dan juga merupakan sebuah cerminan kedewasaan dalam memantapkan tekad dan semanagat  untuk mengawal dan mengamankan NKRI.

PPM harus berbuat walau sekecil apapun, dengan sekuat tenaga dan dengan kemampuan yang dimilikinya serta senantiasa harus menjadi solusi masyarakat, bangsa dan negara, dan bukan malah menjadi bagian dari masalah di tengah-tengah masyarakat.

Sekali lagi saya beserta Keluarga Besar Kodim 0718 Pati mengucapkan selamat Ulang Tahun ke-37 kepada Pemuda Panca Marga dan "Tetaplah berkarya dan berbhakti untuk masyarakat, bangsa dan negara yang kita cintai bersama. ($.tugi)