1 Ton Buah Mangga Dibeli Mendag Zulkifli Hasan

THI. Indramayu - Mentri perdagangan Zulkifli Hasan Tak tangung tanggung memborong buah mangga indramayu sebanyak 1 Ton dengan harga jauh di atas harga pasar. Dihadapan kelompok tani mangga desa Mangunjaya, Zulkifli Hasan membeli 1 Ton buah mangga Indramayu dengan harga Rp10.000 perkilogram atau jika dikalkulasikan 10 juta rupiah. (14/10/22).

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan berkunjung di taman Agrowisata Kebun Mangga yang ada di Desa Mangunjaya Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu, Di dampingi Bupati Indramayu Nina Agustina, Camat Anjatan Rori firmansyah, Kapolsek Anjatan, Koramil 0616 Anjatan, Kuwu se Kecamatan Anjatan dan para Tamu Undangan

Menurut bupati Indramayu Nina Agustina salah satu kebun mangga berupa hamparan kawasan terdapat di Desa Mangunjaya kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu Jawa Barat dengan jenis mangga cengkir, Peluang pengembangan ekspor buah mangga Indonesia sangat menjanjikan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memperkuat daya saing mangga Indonesia di antaranya memperhatikan budidaya yang baik dan pemanfaatan teknologi pasca panen guna peningkatan kualitas produksi.

Saat ini tuntutan mutu produk pangan dalam perdagangan dunia terus meningkat. Mutu hasil hortikultura segar merupakan kombinasi dari karakteristik kimia, nilai gizi, sifat sensoris, sifat fisik, mekanis dan fungsional yang memberi nilai bagi produk hortikultura segar sebagai bahan pangan.

“Kalau begitu saya pesan 1 Ton tapi saya pingin perkilogramnya Rp10.000 jangan Rp 3.000 jadi berapa 10.000 kali 1.000 berapa ?. Rp10 juta ya maka saya bayar langsung, jadi kalau ada yang membeli disini harganya bagus,” kata Zulkifli Hasan

Mentri perdagangan Zulkifli Hasan memborong 1 Ton buah mangga seakan membuat para kelompok tani dan tamu undangan yang hadir kaget dan mengucapkan syukur dan riuh suara tepuk tangan.

“Teman-teman saya sering mengunjungi mangga Indramayu, mudah-mudahan bisa membantu pemasaran dan memang mangga di Indramayu tidak ada yang tidak suka, semuanya suka,” akuinya.

Mentri perdagangan Zulkifli Hasan dirinya sudah lama menyukai buah mangga Indramayu dengan memesan setiap bulannya, buah mangga yang sering dipesan adalah seperti mangga harum manis dan mangga gedong gincu.

Pemanfaatan teknologi perkebunan mangga di agrowisata Mangunjaya nampaknya harus mengadopsi tehnik penyiraman dari India sistem UHDP dan kami siap bekerjasama," ungkap tamu undangan yang dari India.

Sementara itu Nurhakim (kepala desa Mangunjaya) mengatakan "Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar, dengan adanya Agrowisata kebon buah mangga ini, insyaallah masyarakat petani mangga Mangunjaya bisa terangkat ekonominya sekaligus dikenal dunia," ungkap Kuwu Nurhakim. (Edho)