Kisah Pilu Nurudin, Berbagai Simpati dan Empati Berdatangan Salah Satunya Korem 063 Sunan Gunung Jati

THI. Indramayu - Setelah kisah pilu Nurudin (40) tukang becak yang berpenghasilan Rp20.000 per hari untuk menafkahi keluarganya, viral, simpati mulai berdatangan. Salah satunya dari TNI AD jajaran Korem 063 Sunan Gunung Jati (SGJ) yang merenovasi rumah keluarga Nurudin. 

Tangis haru keluarga Nurudin saat rumahnya berhasil direnovasi oleh Korem 063 SGJ.


Diketahui, lantaran penghasilan tak mencukupi, selama puluhan tahun Nurudin dan keluarganya tinggal di rumah tidak layak huni tanpa listrik dari PLN. Jangankan memperbaiki rumah, untuk makan sehari-hari pun kadang sulit bagi Nurudin, Sabtu tgl (23/04/22).


Kini, warga desa Ujungaris kecamatan Widasari, kabupaten Indramayu, Jawa Barat itu memiliki rumah baru layak huni.


Keluarga Nurudin mendapatkan program bedah rumah dan isinya secara gratis dari TNI AD jajaran Korem 063 Sunan Gunung Jati (SGJ) yang bekerja sama dengan beberapa elemen.


Dinding rumah Nurudin yang dulu retak kini kokoh dan permanen. Lantai yang semula tanah, sekarang indah berlapis keramik. Rumah yang semula gelap dan redup, saat ini terang benderang karena listrik dari PLN pun sudah tersalurkan.


Itu semua buah dari keikhlasan dan kesabaran Nurudin beserta keluarga. Doa yang mereka panjatkan selama ini, akhirnya dijawab oleh Allah SWT. Impian keluarga Nurudin memiliki rumah layak terwujud menjelang hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.


"Saya tidak menyangka akan mendapatkan rumah layak seperti ini. Ini bagaikan mimpi bagi saya. Akhirnya Allah mengabulkan doa saya," kata Nurudin haru.


Nurudin menyatakan, dulu memiliki rumah layak huni bagi keluarganya sebatas angan-angan. Namun angan-angan itu sekarang terwujud. "Terimakasih pak Danrem, Terimakasih juga pak Dandim. Allah menjawab doa saya melalui bapak-bapak ini," ujar Nurudin.


Diketahui, Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Dany Rakca meninjau kediaman Nurudin yang jauh dari kata layak huni. Kolonel Inf Dany Rakca mengintruksikan Dandim 0616 Indramayu segera berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk merenovasi rumah Nurudin pada Senin, 18 April 2022 lalu.


Penyerahan bantuan rumah layak huni kepada Nurdin disiarkan secara virtual oleh Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Dany Rakca dari kediamannya di Jalan Brigjend Dharsono By Pas Kota Cirebon.


Dandim 0616 Indramayu Teguh Wibowo, mewakili Danrem 063/SGJ mengatakan, kehadiran TNI selayaknya memberi manfaat bagi masyarakat.


"TNI bekerja sama dengan pemerintah setempat bahu membahu membangun rumah Nurudin agar layak huni. Pembangunannya dilaksanakan dalam 2 hari 3 malam. Semoga ini menjadi rumah penuh berkah," ujar Dandim.


Saat ini pembangunan rumah Nurudin belum mencapai 100 persen. Untuk merampungkan pembangunan rumahnya itu, pihak TNI AD akan mendatangkan design interior bekerja sama dengan Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia kabupaten Indramayu.


Keluarga Nurudin mengucapkan terima kasih atas bantuan Korem 063 SGJ dan Kodim Indramayu yang telah merenovasi rumah mereka menjadi layak huni. (Edho)