Merti Dusun dan Haul Mbah Surgi Kamandowo Desa Sundoluhur Kayen Pati

TH.Indonesia. Pati - Acara Sedekah Bumi atau Merti Dusun dan Haul Mbah Surgi Kamandowo, memang sudah menjadi tradisi di terutama di desa Sundoluhur Kayen Pati, beragam siswa siswi yang ada di sekolah menuju ke punden untuk memperingati acara sedekah bumi dan tahlil bersama sejak dari pagi pukul 07.00 WIB, Selasa tgl (16/07/19).

Kemeriahan merti dusun dan haul mbah Surgi Kamandowo.

Start dari lapangan Desa Sundoluhur dukuh ndagangan mengelilingi desa dan kembali ke Punden Desa Sundoluhur acara ini di ikuti empat dukuh baik Kepala Desa, perangkatnya, masyarakat dan warga desa begitu antusias mengikuti acara Merti Dusun atau sedekah bumi dan Haul Mbah Surgi Kamandowo yang selalu ramai dikunjungi oleh warga setempat dan sekitarnya.

Berbagai hiburan maupun karnaval yang diikuti berbagai peserta dari sekolahan SMK An'najah, TIM KKN Undip Semarang hadir dan di iringi seni tradisional (Pencak Silat) untuk mengiring acara karnaval yang di bawa ke punden/pesarehan samping lapangan Desa'.

Desa Sundoluhur merupakan desa yang terletak di kecamatan Kayen kab Pati, desa Sundoluhur merupakan desa yang rata rata masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani, pedagang dan perantau.

Dalam mensyukuri nikmat kepada Allah SWT selain mengadakan bancakan syukuran, juga mengadakan tontonan karnaval, pengajian dan acara lainnya untuk memeriahkan sedekah bumi di desa Sundoluhur juga di ikuti drum band dari SMK An'najah Kayen, tongtek dari Pakis Tayu Pati, Pagar Nusa dari Kayen, Nasida ria Asyifa dari Mojolawaran, Komandan dan yang lainnya.

Kepala desa Sundoluhur setelah acara tersebut menyampaikan bahwa kegiatan sedekah bumi atau merti desa ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas segala limpahan rejeki selama ini dan juga merupakan cagar budaya yang harus dilestarikan sampai ke anak cucu.

Kepala Desa Jamian juga menyampaikan diadakannya acara sedekah bumi ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan kebanggaan terhadap desa yang dimiliki dan kepala Desa berharap dengan di adakan acara sedekah bumi ini sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT kedepannya supaya di berikan kehidupan yang lebih baik lagi, tambah maju khususnya warga desa Sundoluhur di berikan kesehatan keselamatan tidak ada halangan suatu apa pun dimanapun berada baik yang ada di perantauan.

Kepala Desa Sundoluhur juga mengatakan banyak terima kasih kepada seluruh warga desa, panitia atas partisipasi dan terselenggaranya semua pihak dalam mengikuti acara sedekah bumi ini.

Mr. Darmanto salah satu ketua panitia mengatakan bahwa mari kita satukan tekad untuk tetap guyup rukun menjaga tali silaturahmi yang telah ada, tetap semangat dan bersatu untuk Sundoluhur tercinta dan Indonesia maju, setelah kita melewati pesta demokrasi hilangkan perpecahan di antara kita tidak ada 01 atau 02, demi Indonesia Maju.

Kegiatan tersebut berlangsung kondusif yang dikawal dari satuan pengamanan dari Polsek Kayen yang dipimpin langsung oleh AKP Tejo Pramono beserta jajarannya. (drmto)