Peringatan Nuzulul Qur'an di Masjid Riyadlus Sholihin, Masjid Besar Kec. Tayu Berlangsung Hikmat

TH.Indonesia. Pati - PAC Fatayat kecamatan tayu Kab. Pati bekerjasama dengan PAC IPNU-IPPNU dan Banom-Banom NU sekecamatan Tayu bekerjasama mengadakan kegiatan untuk memperingati hari Nuzulul Qur'an, Jum'at tgl (01/06/18).

Peringatan Nuzulul Qur'an berlangsung dengan hikmah. 

1 Juni 2018 bertepatan tanggal 17 ramadhan, diyakini sebagai Malam Nuzulul Qur'an. 

Di masjid besar kecamatan tayu di adakan acara tahtimul qur'an, acara di mulai dari pukul 13.30 WIB sampai pukul 15.30 WIB dengan jumlah peserta kurang lebih 400 orang dengan tamu undangan dari MWC NU (Rois syuriah, Tanfidhiyah), PAC Muslimat, GP Ansor , PAC IPNU, PAC IPPNU serta masing ranting 15 Fatayat Muslimat, 5 Nu, 5 Ansor, 5 IPNU-IPPNU.

Acara di mulai dengan pembacaan ayat suci al qur'an oleh sahabat Zunaidah, di lanjutkan sambutan dari panitia PACF NU dan MWC NU Bapak H.Arif Nur S.Pd. selain sambutan ada mauidzoh khasanah dari K. H Adhal Salam.

Acara Tahtimul Qur'an Ruus oleh PAC Muslimat Ibu HJ. Umniyah Ahmad, pembukaan kalimah thoyyibah oleh Bapak K.H Ibrahim serta acara berlangsung dengan hikmah sekali.

Harapan Elsa Inayatul Amalia, selaku Pengurus PAC IPPNU kecamatan Tayu, "harapan saya dengan adanya acara tersebut dapat menjaga tradisi-tradisi NU khususnya di kecamatan Tayu, dapat memperat tali silaturahmi di masyarakat, dan memotivasi banom-banom NU agar dapat membuat acara yang sangat besar manfaatnya seperti peringatan nuzurul Quran ini."

Sudah semestinya kita merayakan suatu peristiwa dengal hal positif dan bermanfaat, kita harus tahu serta memahami apa yang sedang kita peringati, seperti halnya Nuzulul Qur'an.

Secara harfiah berarti turunnya Al Qur'an adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan Al Qur'an secara keseluruhan di turunkan dari lauhul mahfudzh ke baitul izzah di langit dunia.

Nuzulul Qur'an di turunkan berangsur angsur kepada Nabi Muhhammad SAW, sesuai dengan peristiwa-peristiwa penting dalam jangka waktu sekitar 23 tahun.

Peringatan terhadap turunnya al qur'an di wujudkan oleh masyarakat dalam berbagai acara, ada yang mengadakan pengajian umum, pertunjukan pentas seni serta Tahtimul Qur'an yang di gelar di Masjid Besar Kecamaan Tayu Pati. ($.rahman)