Dandim 0718 Pati Perintahkan Prajuritnya Jaga Netralitas TNI Dalam Pesta Demokrasi

TH.Indonesia. Pati - Bertempat di halaman Makodim 0718 Pati seluruh Prajurit TNI dan PNS beserta Instansi TNI yang berada di Kabupaten Pati mengikuti Upacara Bendera, dengan penuh hikmat, sebagai Inspektur upacara Komandan Kodim 0718 Pati Letkol Arm Arief Darmawan S. Sos dan Komandan Upacara dijabat oleh Kapten Inf Suyani Danramil 17 Pucakwangi, Senin tgl (25/06/18).

TNI siap menjaga netralitas dalam pesta demokrasi. 

“Jaga Netralitas TNI yang terkandung dalam, fungsi dan tugas TNI AD sebagaimana yang telah diamanatkan oleh UU RI no. 34 tahun 2004 tentang TNI, yang terkandung agar TNI bisa menjadi tentara yang profesional, tidak berpolitik praktis, bersikap netral, mementingkan soliditas dan hal ini merupakan amanah rakyat dalam pelaksanaan reformasi internal TNI”.

Pada kegiatan Upacara Bendera Dandim 0718 Pati menyampaikan Netralitas TNI dalam Pemilu dan Pilkada, hal ini tentunya sudah sering dilaksanakan tetapi kita masih harus mengingatkan terus kepada seluruh anggota semua, supaya tidak lupa dengan aturan dalam Pemilu atau Pilkada ini.

Saya sampaikan juga untuk fasilitas yang ada di TNI tidak boleh digunakan untuk sarana prasarana mendukung Pemilu/Pilkada termasuk untuk berpolitik lainnya, keluarga besar TNI (Istri TNI) untuk hak memilih dan hak dipilih dipersilahkan dan sudah diijinkan, tetapi harus diberikan pemahaman oleh suaminya, tentang partai politik.

Keberhasilan pada Pemilukada ini sebagai landasan untuk kesuksesan pemilihan selanjutnya, kita sebagai TNI harus bisa menjaga Netralitas TNI itu sendiri, lakukan pendekesian secara diri demi kelancaran jalannya pesta demokrasi khususnya di wilayah Pati ini, laporkan setiap perkembangan yang menjadi indikasi tertentu sehingga kita bisa mengambil langkah-langkah yang kongkrit demi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Pati khususnya, " ujar Dandim. ($.tikno)