Ali Badrudin : Pihaknya Terbuka Yang Hendak Maju Pilkada Pati Lewat PDI - Perjuangan

THI. Pati -  Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Pati baru saja mengadakan pertemuan internal di kantor DPC setempat pada minggu 28 April 2024. 

Ali Badrudin, S.E.

"Dalam pertemuan tersebut, dilakukan  pembahasan penerimaan kader baru, serta persiapan penjaringan Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Pati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bulan November nanti.

Ketua DPC PDI-P Pati Ali Badrudin mengatakan, saya ini pihaknya sudah terbuka kepada siapa saja yang hendak maju di Pilkada Pati melalui PDI-P. Terkait pendaftarannya, pihaknya mempersilahkan para Balon untuk mendaftar di kantor DPC partai mulai Rabu tanggal 1 Mei hingga Senin 20 Mei 2024.

“Hasil rapat tadi terkait penjaringan Balon Bupati dan Wakil Bupati dari PDI-P, kita sepakat mulai tanggal 1 Mei sampai tanggal 20 Mei. Bagi yang belum anggota kader, bisa mendaftar untuk dibuatkan KTA (Kartu Tanda Anggota),” kata Ali.

Terkait kriteria Balon, Ali menegaskan mereka harus memiliki kekuatan finansial yang kuat. Disamping itu juga merupakan tokoh yang memiliki kesamaan visi misi dan cita-cita PDI-P.

“Harus memiliki kesamaan prinsip politik untuk mengabdi kepada masyarakat dan ideologi Pancasila. Finansial sangat penting, siapapun harus dihitung dulu,” tegasnya.

Hanya saja terkait penentuan siapakah yang bisa menentukan untuk maju di Pilkada Pati melalui PDI-P, Ali menyebut pihaknya tidak memiliki wewenang.

Sebab, kata dia, wewenang sepenuhnya untuk memilih Balon untuk bertempur di kontestasi politik Pilkada Pati adalah dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Sedangkan pihaknya hanya diberikan mandat untuk menjaring siapapun tokoh yang layak untuk diusulkan.

“Tugas kami hanya menjaring karena kewenangan sepenuhnya ada di DPP partai. Siapapun yang daftar akan kami sampaikan ke DPP,” tutup pria yang juga Ketua DPRD Pati ini. (RED)