Adanya Pembodohan Publik, Pemdes Bumiayu Tempel Papan RAB Berbeda Makna

THI. Pati - Sering kali di jumpai kejadian pemasangan/penempelan papan informasi di sebuah pengerjaan pembangunan anggaran yang berasal dari Pemerintahan. Di salah satunya di desa Bumiayu kecamatan Wedarijaksa. Diduga adanya pembodohan terhadap publik/masyarakat di desa Bumiayu Wedarijaksa Pati, tempelkan papan informasi yang berbeda maksud/makna (berbeda yang berada di APBDes tahun 2023).

Dok/THI/RED.

Menurut keterangan warga yang enggan disebutkan namanya, kemarin itu, mengatakan," bahwa pekerjaan pembangunan gedung serbaguna sangatlah mengganjal, karena makna tulisan yang berada di rancangan APBDes Tahun 2023 (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) berbeda. 

Tulisan di APBDes 2023 adalah Pemilharaan Gedung/prasarana Balai Desa atau Balai Kemasyarakatan atau gedung Olah raga. Dan tulisan yang di tempelkan di papan RAB bangunan menerangkan untuk Pembangunan gedung serbaguna. Dan di situlah yang menjadi pertanyaan dan sangat mengganjal bagi kami warga Bumiayu," terang warga.

Selain hal itu, warga yang enggan di sebutkan namanya menambahkan dan menyampaikan," Apakah pengertian Pemiliharaan gedung dan Pembangunan gedung itu sama?!," ujarnya.

"Maaf, kami hanya warga awam yang tidak mengerti dengan kata-kata istilah, maka dengan unek-unek ini kami mengharapkan penjelasan dari pihak-pihak terkait, supaya jelas dan kami tidak menyangka - nyangka  kepada pihak tersebut. Dan pengerjaan di tahun 2023 kemarin, setahu kami hanya mengerjakan sebuah atap saja," sambungnya.

Apakah membangun sebuah atap rumah/atap 1 gedung bisa telan anggaran Rp 400.000.000,00 ( Empat ratus juta rupiah). Dan dengan nominal itulah yang membuat kami warga bumiayu menjadi penasaran." tandasnya. 

Apakahkah fasilitas desa berdampak pada rencana pembangunan RABDes yang ada ataukah hanya pengalihan fungsi saja sehingga atap gedung menjadi penting untuk sebuah fasilitas gedung serba guna, yang memang negara sudah menggelontorkan dengan anggaran dengan nilai yang cukup fantastis," tutupnya. (RED)