Antusiasme Warga TPS 014 Nyoblos di Pemilu 2024 Meski Diguyur Hujan

 

Antusiasme Warga TPS 014 Nyoblos di Pemilu 2024 Meski Diguyur Hujan

THI.Indramayu - Pada Rabu 14 Februari 2024 seluruh masyarakat Indonesia melakukan pencoblosan untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024. Antusiasme warga terlihat di TPS 014 Desa Salamdarma, Anjatan - Indramayu. Para pemilih akan menentukan siapa Presiden dan Wakil Presiden untuk periode 2024-2029. Mereka juga akan memilih Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), anggota Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) baik tingkat nasional, provinsi maupun kabupaten atau kota.

Puluhan orang duduk menanti giliran dipanggil petugas KPPS di TPS 014, Desa Salamdarma, Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu. Kamis, ( 15/02/2024 ).

Pantauan di lokasi, warga sudah mulai berdatangan sejak pukul 07.00 WIB. Meski hujan sempat mengguyur sejak subuh namun tidak sedikit dari warga setempat yang berduyun-duyun hadir ke TPS meski cuaca masih gerimis.

Ketua TPS 014, Nurkamal bersama anggota PPS

Ketua TPS 014, Nurkamal mengatakan ada 270 pemilih yang terdaftar di DPT untuk menyalurkan hak suara di TPS 014.

"Untuk antusiasme lumayan ramai, meskipun tadi pagi sempat diguyur hujan juga. Pokoknya ini sampai 12 siang untuk DPT,  jadi semua atau tidak ya akan ditutup. Nah nanti DPTB itu jam 1 siang," kata Nurkamal.

Salah satu kendala dalam pelaksanaan pemungutan suara kali ini yakni banyaknya lansia yang menyalurkan hak suaranya. Seperti seorang pria sepuh yang jalannya sudah tergopoh-gopoh dengan pandangan yang sudah kabur.

"Tadi juga ada yang dibantu karena untuk jalan pun sulit. Tapi masih semangat datang ke TPS. Cuma banyaknya lansia itu jadi salah satu kendala, karena mungkin di dalam bilik suara akan lebih lama waktunya," ucap Nurkamal.

Sementara pihaknya menargetkan pemungutan hingga penghitungan suara bisa selesai lebih cepat ketimbang pemilh tahun 2019 lalu.

"Targetnya kita ingin tengah malam itu sudah selesai, soalnya kalau tahun 2019 itu selesai jam 5 pagi. Kita minta juga ke anggota KPPS tidak memaksakan, supaya tidak terjadi kejadian di tahun 2019 ( anggota KPPS banyak yang jatuh sakit )," tutur Nurkamal.

Sementara itu hasil pantauan dari tim THI, B2ms yang terdiri dari empat desa yaitu Desa Bugis, Bugis Tua, Anjatan dan Mangunjaya yang merupakan empat desa rebutan terpantau kalau pasangan calon presiden nomor urut dua lebih dominan untuk hasil suaranya sebesar 60% lebih, dan pelaksanaan pemilu 2024 terpantau aman terkendali. (Edho).