KPU Pati Sosialisasi Pemilu untuk Narapidana di Lapas Pati

THI. Pati - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati melaksanakan sosialisasi dan pengarahan terkait Pemilihan Umum (Pemilu) kepada warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pati, rabu tgl (10/01/24).

Dok/THI/RED.

Kedatangan ketua KPU Suprianto dan rombongan di sambut hangat oleh kalapas Pati dan jajaran. Sosialisasi yang diselenggarakan ini dilaksanakan dengan sejumlah kegiatan yang melibatkan petugas KPU, petugas Lapas, dan warga binaan. 

Materi-materi yang disampaikan mencakup aspek-aspek kunci terkait Pemilu 2024, seperti tahapan pemilihan, serta hak dan kewajiban sebagai pemilih.

Dalam sambutannya kalapas Pati menyampaikan bahwa Lapas Pati telah mempersiapkan pemilihan umum jauh jauh hari, pihaknya telah mendata warga binaan yang mempunyai hak pilih dan memastikan tidak ada yang tidak terdata.

“Kami telah mempersiapkan ini jauh jauh hari, semua warga binaan kami data yang memiliki hak pilih, termasuk dua napi teroris yang ada di Lapas Pati,” ujar Febie.

Selain itu kalapas juga meminta kepada KPU untuk melakukan sosialisasi tentang calon calon yang mengikuti pemilu serentak ini, dikarenakan minimnya informasi bagi warga binaan tentang siapa siapa calon yang menyalonkan diri, terutama untuk calon DPR dan DPD.

“Yang tau cuma calon presiden pak untuk yang lain nggak tau, jadi saya mohon untuk diberikan penjelasan tentang calon calonnya,” Pinta Kalapas.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dengan meningkatkan partisipasi warga binaan dalam Pemilu 2024. Selain memberikan pemahaman yang lebih baik, kegiatan ini juga bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung serta memotivasi para warga binaan untuk aktif dalam proses demokrasi. ($.cipto)