Peringati Hari Ibu, Petugas Lapas Pati Buka Kelas Ibu Untuk Warga Binaan

THI. Pati - Pemberdayaan perempuan dalam pengembangan keterampilan, pendidikan dan kesehatan dewasa ini sudah menjadi suatu keharusan, begitupun para Perempuan yang sedang menjalani masa pidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Hari ibu dan kasih sayang ibu sepanjang masa.

Sadar akan Pentingnya pemberdayaan Perempuan, Lapas Kelas IIB Pati melaksanakan giat kelas Ibu yang diikuti oleh warga Binaan Wanita. Dalam kegiatan ini para petugas memberikan Layanan Kesehatan, dukungan psikologi, dan pelatihan reintegrasi Warga Binaan ke masyarakat, Jum'at tgl (22/12/23).

Dokter Lapas Pati Onny Septa Pradani selaku Ketua panitia kegiatan menyampaikan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menyambut hari ibu ke - 95. Ia menerangkan dalam Kelas ibu ini warga binaan diberikan layanan kesehatan dan dukungan psikologis untuk membantu mengatasi masalah emosional dan psikologis.

"Kegiatan Kelas Ibu ini kami laksanakan dalam rangka  menyambut hari ibu ke - 95, di Kelas Ibu ini Warga Binaan Wanita kami berikan layanan kesehatan untuk memastikan kesehatan mereka. Selain itu, kami juga memberikan dukungan psikologis dengan menghidupkan suasana kekeluargaan antar Warga Binaan maupun dengan Petugas," tutur Onny.

Lebih lanjut onny menambahkan, dalam giat ini pula para petugas juga mengajak para narapidana wanita untuk selalu aktif mengikuti kegiatan pelatihan yang disediakan oleh Lapas, agar mereka dapat mengisi waktu dalam menjalani masa pidana dengan menambah ilmu dan keterampilan.

"Dalam giat ini pula kami juga mengajak Ibu Warga Binaan untuk lebih aktif mengikuti kegiatan pelatihan, agar waktu mereka bisa digunakan untuk menambah ilmu dan keterampilan," tambah Onny.

Pemberdayaan narapidana wanita di Lapas tidak hanya membantu mereka mengembangkan keterampilan dan pengetahuan baru, tetapi juga membantu membangun fondasi yang lebih kokoh untuk kehidupan mereka setelah pembebasan. (Amin)