Berikan Pembinaan Kepada Pelajar "Stop Bullying Dan Bahaya Bullying"

THI. Sragen - Dipimpin Kepala Unit Polsek Gondang Aiptu M. Fauzi mewakili Kapolsek Gondang dalam upacara pada hari senin di sekolah dasar SD N Tunggul 4 kecamatan Gondang kabupaten Sragen beserta Staf dan juga kepala sekolah Anita Kusumawati. s. Pd., M. Pd. 

Stop bullying dan kekerasan pada anak anak.

Bersama dengan Bhabinkamtibmas desa Tunggul Suwanto, petugas memberikan pembinaan dan penyuluhan terhadap siswa-siswi saat menjadi pembina upacara di SD N Tunggul 4 kecamatan Gondang, kabupaten Sragen, senin tgl (11/12/23).

Upacara di mulai dengan pembukaan salam dan puji syukur, M. Fauzi menerangkan bahayanya bullying adalah perilaku tidak menyenangkan baik secara verbal fisik ataupun sosial di dunia nyata maupun dunia maya. 

Untuk itu anak anak perlu mengetahui bahayanya Bullyng agar bisa terhindar maupun menghindari atau pencegahan terjadinya bullyng, agar menciptakan lingkungan yang aman nyaman, bisa saling menghargai perbedaan. 

“Tindakan tersebut membuat seseorang merasa tidak nyaman, sakit hati dan tertekan baik dilakukan oleh perorangan atau pun kelompok dan bisa menimbulkan dampak trauma jangka panjang," jelasnya.

Yang termasuk jenis bullying yaitu fisik (memukul, menampar, mendorong, menggigit, menendang, mencubit, pelecehan seksusl, dll) dan non fisik (mengancam, mempermalukan, merendahkan, mengganggu, memanggil dengan julukan atau kecacatan fisik, dan lain lain.

Adapun upaya pencegahan bullying oleh anak dapat dilakukan dengan mengembangkan budaya relasi / pertemanan yang positif, saling mendukung satu sama lain, merangkul teman yang menjadi korban bullying, memahami dan menerima perbedaan tiap individu di lingkungan sebaya dan ikut serta membuat dan menegakkan aturan sekolah terkait pencegahan bullying.

Selain menyampaikan terkait perilaku bullying, M. Fauzi menyampaikan terkait dengan antisipasi pelecehan seksual terhadap anak.

Aiptu M. Fauzi menyampaikan bagian-bagian tubuh mana saja yang tidak boleh disentuh oleh orang lain kecuali orang terdekat misalnya orang tua atau dokter.

“Dengan pemahaman dan pengertian dari Kanit Polsek Gondang, para siswa-siswi dapat menghindari atau mencegah terjadinya Bullyng,” pungkasnya. 

Beberapa Amanat dari Kanit Polsek Gondang M. Fauzi untuk melindungi anak anak dari tindakan bullyng agar Orang tua maupun Guru dan petugas keamanan dapat meningkatkan pengawasan disekolah maupun ditempat umum. 

Bullyng harus dicegah sejak dini dan bertindak cepat mengintro feksi maupunn mengidentifikasi secara cepat tanda tanda bullyng. Saling bersatu dan melindungi sesama siswa di sekolah ini. 

Hingga Upacara selesai dan dilanjutkan foto bersama Anak anak TK/SD, Kepala Sekolah, beserta seluruh Staf  SD N TUNGGUL 4 dan juga penjaga sekolah. (Puguh)