DPUPR Kabupaten Pati Laksanakan Realisasi Normalisasi dari 93 Sungai Ta 2023

THI. Pati - Guna upaya memperlancar aliran sungai yang hampir sebagian besar hulu sungai banyak yang dangkal. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang kabupaten Pati melaksanakan normalisasi dari 93 jumlah sungai tahun 2023.

PLt DPUTR Pati Riyoso, S.Sos., M.M.

Kepala Dinas PUPR kabupaten Pati Riyoso melalui Kepala Bidang SDA Sudarno kepada media ini menjelaskan, ada 32 kegiatan OPSDA Normalisasi perairan sungai dari 93 jumlah sungai yang ada pada kabupaten Pati tahun 2023. 

Normalisasi sungai membantu meminalisir terjadinya bencana dan kerugian finansial, serta pengendalian jumlah debit volume arus air apalagi dalam menghadapi perubahan iklim alam seperti curah hujan yang tinggi baik dimusim penghujan maupun dimasa laboh, selasa tgl (12/09/23).

“Sungai di perdalam, dikeruk, diperluas dan dibuatkan bendung dengan tujuan agar aliran air sungai nantinya menjadi lancar tidak mandeg karena dangkal. Hasil dari realisasi normalisasi perairan sungai ini dapat meminimalisir kerugian dan bencana serta membantu masyarakat sekitar dapat mempergunakan air  tersebut, baik untuk kebutuhan air bersih maupun untuk irigasi sawah," sambung Sudarno Kabid SDA Dinas PUPR.

“Salah satu contoh normalisasi sungai yang sedang berlangsung yaitu normalisasi sungai silugonggo yang saat ini masih berjalan, serta adanya pembangunan bendung karet di juwana. Juga normalisasi aliran sungai lain yang menjadi kewenangan kami untuk memperlancar kebutuhan pertanian, terutama diwilayah persawahan tadah hujan yang memang membutuhkan debit air yang tinggi sebagai sarana penunjang pertanian itu sendiri," tutup Sudarno. (RED)