Cabang Dinas Kehutanan Bersama Dinas LHK Provinsi Jateng Gelar Bimtek Budidaya dan Pengelolaan Kopi di CDK II

THI. Pati - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi jawa tengah melaksanakan Bimbingan Teknik (Bimtek) dalam rangka peningkatan kapasitas masyarakat sekitar hutan dalam pengembangan unit ekonomi produktif tentang budidaya dan pengolahan kopi, rabu tgl (23/08/23).

Dihadiri oleh kepala dinas  kehutanan wil II Ir. Harnawa, penyuluh Yohan Surtiyani, S.Hut, M.T, kepala seksi PPPH Riyanto, S.Hut, M.Si juga "Perwakilan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dari KPH Pati yang hadir yaitu kelopok tani Sumber Makmur desa Plaosan, kelompok Tani Lestari Nglorah desa Jrahi, perkumpulan wana makmur pulingan desa Gunungsari, perkumpulan sido makmur mulya desa Klakahkasian, kelompok tani hutan Sidorejo desa Wangunrejo, untuk mengikuti pelatihan bimbingan teknis pada pagi hari ini.

Kepala Seksi PPPH Riyanto, S.Hut, M.Si  "Menyampaikan tentang pengelolaan usaha HHBK agroforestry kopi pada wilayah hutan Perum Perhutani. 

Ia berharap dengan Bimtek ini dapat meningkatkan produktivitas dan menjadi role model kopi yang lebih milenial untuk dipasarkan seluruh wilayah.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan pengelolaan kopi dengan baik, masyarakat akan lebih sadar tentang pengelolaan kopi sehingga nilai jual dan pemasaran lebih tinggi,” ujarnya.

Para petani kopi diharap bisa menjual langsung ke konsumen, seperti di luar Jawa yang sudah berkolaborasi dengan berbagai pihak, dapat difasilitasi dengan industri lanjutan sehingga bisa meningkatkan kapasitas dan produk yang dihasilkan mempunyai nilai jual tinggi. Secara bertahap akan dilakukan peningkatan produk dan kwalitas serta SDM, sehingga ke depan bisa menjadi sentra kopi dengan nilai produk yang semakin meningkat. (RED)