Puncak Rangkaian Sedekah Bumi Desa Margomulyo Gelar Karnaval Kesenian & Hiburan

THI. Pati - Acara Sedekah Bumi atau biasa disebut sebagai acara bersih desa adalah merupan tradisi dan adat budaya, khususnya bagi masyarakat Jawa. Hal itu dimaksudkan untuk menghormati arwah leluhur atau cikal bakal desa setempat, serta untuk mengenang jasa-jasanya dimasa lampau. Seperti yang dilaksanakan di desa Margomulyo kecamatan Juwana kabupaten  Pati, Minggu (04/06/23). 

Karnaval menjadi puncak acara bersih desa Margomulyo.

Sebagai puncak acara dari rangkaian bersih desa tersebut, telah dilaksanakan doa  bersama, pebacaan ayat suci al quran dan doa tahlil yang ditujukan kepada seluruh sesepuh dan arwah leluhur. 

"Sebagai puncak acara, memang hari ini. Namun, seluruh rangkain kegiatan sudah berlangsung sejak kemarin. Meliputi ketoprak dan tayub di dukuh kedalon dan dukuh gempol serta rangkaian doa bersama yang dilaksanakan di lokasi punden desa," ujar Zaenal Arifin kades Margomulyo saat di wawancarai media.

Lebih lanjut kepala desa Margomulyo juga mengtakan bahwa berbagai hiburan masyarakat dan kebudayaan maupun kesenian tradisional juga di gelar. Diantaranya seperti tayub dan seni budaya ketoprak.

Disinggung soal mata pencaharian warga sertempat, kepala desa Margomulyo juga menambahkan,"Rata-rata masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani, pedagang, pegawai negeri, swasta dan perantau," imbuh kades Zaenal Arifin.

Dalam mensyukuri nikmat kepada Allah SWT masih kata Zaenal Arifin bahwa acara sedekah bumi atau merti desa ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas segala limpahan rejeki selama satu tahun pertama pasca panen raya, dan  ini juga merupakan bentuk budaya yang harus dilestarikan sampai ke anak cucu.

"Hal ini juga bertujuan untuk memberikan motivasi dan kebanggaan terhadap desa,  khususnya bagi warga desa Margomulyo. Dan semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan, keselamatan serta di jauhkan dari segala musibah," ungkap Zaenal Arifin.

Ditempat yang sama, salah satu panitia acara sedekah bumi desa Margomulyo juga mengatakan bahwa pihaknya juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk tetap bersatu dan guyup rukun untuk saling menjaga tali silaturahmi kepada sesama, demi kemajuan desa tercinta ini. 

"Mari ciptakan kondusifitas, keamanan dan ketertiban di lingkungan. Dan semoga, desa  tercinta ini semakin maju dan kompak," tandasnya. (Red)