UPTD BLK Disnaker Kab. Pati Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi ke 2 di Ikuti 80 Peserta

THI. Pati - Pelatihan berbasis kompetensi dana APBN tahun 2023 yang diikuti 80 peserta yang diselenggarakan oleh UPTD BLK Disnaker Kab. Pati diaula UPTD BLK PATI, Senin tgl (08/05/23).

Kadisnaker Pati Bambang Agus Yunianto resmi membuka pelatihan berbasis kompetensi.

Hadir Kepala Disnaker Pati Bambang Agus Yunianto, S.H., M.M., Plt BLK Pati Sri Utami, S.E, MPA, Yatin Joko Sutopo, S.E selaku Ka TU BLK Pati dan para tamu undangan.

Pelatihan berbasis kompetensi tahap kedua 2023, Plt BLK Pati Sri Utami, S.E, MPA "Menyampaikan bahwa pelatihan hari ini diikuti 80 peserta. Pelatihan ini berdasarkan peraturan mentri tenaga kerja dan transmigrasi RI no. 8 tahun 2014 tentang pedoman penyelenggara pelatihan berbasis kompetensi Pelatihan berbasis kompetensi ini sesuai program pemerintah dimulai tanggal 08 Mei - 26 Juni 2023. Para peserta berasal dari pencari kerja yang melakukan pendaftaran melalui aplikasi sisnaker. Jumlah peserta 16 orang masing masing jurusan," terangnya.

Sedangkan sambutan dari Kepala Disnaker Pati bahwa kedua kalinya pelatihan berbasis kompetensi walaupun beda jurusan. Pelatihan ini dengan anggaran dari APBN sesuai DIPA yang ada. Dengan adanya pelatihan ini para peserta mempunyai skill dan ketrampilan yang mumpuni, yang kedepannya potensi yang ada dapat mempunyai keahlian, dan isyaallah bisa lebih mandiri dan selama pelatihan ditanggung dengan asuransi BPJS tenaga kerja," ujarnya.

Dengan pelatihan ini, seperti pembuatan kue dan roti, pembuatan batik tulis, servis sepeda motor konvensional, pengoperasian mesin, mengerjakan pembahan (mebel), sehingga nantinya dapat mengurangi pengangguran yang ada, selain itu mendapatkan sertifikat kompetensi yang dapat dipergunakan sesuai keahliannya untuk melamar sesuai pekerjaan bahkan akan kita fasilitasi untuk mendapatkan pekerjaan," tutupnya. (RED)