Musrenbang Kecamatan Tlogowungu : Infrastruktur Jadi Prioritas Pembahasan Penyusunan RKPD Ta 2024

THI. Pati - Musrenbang adalah wadah masyarakat dalam menyampaikan aspirasi, kritik, dan saran dari program pemerintah. Musrenbang tersebut dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024.

Musrenbang kec. Tlogowungu, penyusunan RKPD Ta 2024.

Dalam sistem perencanaan pembangunan, partisipatif di wujudkan antara lain melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di mana sebuah rancangan rencana di bahas dan di kembangkan bersama semua pemangku kepentingan, berasal dari aparat penyelenggara negara (eksekutif, legislatif, dan yudikatif), masyarakat, kelompok profesional dan lain lain.

Bertempat di aula pendopo kecamatan Tlogowungu kabupaten Pati, dilaksanakan Musrenbang kecamatan Tlogowungu tahun 2023 dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Pati tahun 2024 dihadiri Camat Tlogowungu, Kapolsek Tlogowungu, Danramil Tlogowungu, anggota DPRD kabupaten Pati Dapil 1 H. Irianto Budi Utomo, S.H, M.H Komisi D, Sutikno, S.T Komisi D, Wisnu Wijayanto, S.H Komisi D, Endah Sri Wahyuningati Komisi D, H Wardjono, S.Ag Komisi D, perwakilan Bappeda Pati, Ketua BPD se – kecamatan Tlogowungu, Kepala Desa se – kecamatan Tlogowungu, Toga, serta Tomas.

Selesai acara Musrenbang anggota DPRD kabupaten Pati dari Komisi D Irianto Budi Utomo, S.H, M.H kepada awak media mengatakan, ”Hari ini di Pendopo kecamatan Tlogowungu diadakan Musrenbang yang mana itu merupakan agenda tahunan di kabupaten Pati dalam rangka penyusunan rencana tahun yang akan datang.

Dalam Musrenbang hari ini banyak yang dipertanyakan tentang infrastruktur, ” kata Irianto.

“Saya juga menyadari bahwa jalan terutama jalan kabupaten 300 Km itu kira kira yang rusak. Dengan anggaran di DPU tidak memadai, tetapi setidaknya juga dicover dengan aspirasi – aspirasi anggota dewan, terutama karena saya juga pejabat politik, di wilayah Tlogowungu tetap diutamakan, ” sambung Irianto.

Lanjutnya, di pembahasan Musrenbang ini kan RKPD di tahun 2024, namun di tahun 2023 setidaknya mengcover beberapa titik jalan seperti Jalan Pati – Tlogowungu, Tlogowungu – Bapoh, Pati – Gunungrowo, Tlogowungu - Lahar, itu semua di cover dengan aspirasi yang ada. Adapun yang lain  lain menjadi usulan di tahun 2024.

Skala prioritas pada Musrenbang hari ini tentang infrastruktur pasti, lingkungan yang ada di kecamatan, penerangan jalan, keamanan, Satpol PP juga dibutuhkan, stunting, kemiskinan itu termasuk yang diutamakan, ” sebut Irianto.

Ditanya terkait upaya apa yang akan dilakukan sebagai wakil rakyat (anggota dewan), ” Kami selaku anggota dewan apa yang menjadi pembahasan akan di tampung tapi tidak berarti bisa memutuskan sendiri tapi akan di bahas bersama pimpinan dan anggota dewan yang lain," tutupnya. ($.ucipto)