Panen Raya Budidaya Ikan Lele 300kg Oleh Warga Binaan Lapas Pati

THI. Pati - Sebanyak 300 kg ikan lele hasil budidaya pembesaran di kolam sarana asimilasi dan edukasi (SAE) Lapas Kelas IIB Pati dipanen raya, Senin tgl 19 Desember 2022.

Warga binaan lapas II Pati panen raya ikan lele 300kg.

Ikan lele yang dipanen sudah layak konsumsi dan merupakan hasil kegiatan program Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pati sesuai Surat Keputusan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS-403.PK.01.04.04 TAHUN 2021 Tanggal 5 April 2021 tentang Penyelenggaraan Sarana Asimilasi dan Edukasi di lembaga pemasyarakatan dan masih dilaksanakan pada lembaga pemasyarakatan kelas IIB Pati hingga saat ini.

Program Pembinaan Kemandirian  Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) yang telah dilaksanakan sejak bulan Juli 2021 mendapat dukungan penuh dari Febie Dwi Hartanto selaku Kalapas Pati, hal tersebut dibuktikan dengan setiap hari beliau melihat dan memberikan arahan kepada pegawai dan warga binaan yang mengelola Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE), khususnya budidaya pembesaran ikan lele, dan hasilnya dapat dilihat dengan adanya kegiatan panen ikan lele setiap bulannya, dan pada hari ini ikan lele total yang di timbang seberat 300 Kg berhasil dipanen dari kolam SAE Lapas Kelas IIB Pati.

Selanjutnya menurut Kasi Binadik dan Giatja Lapas Kelas IIB Pati, Eko Budihartanto didampingi Iswanto selaku Kasubsi Kegiatan Kerja saat menyaksikan kegiatan panen lele, pada Humas Lapas Kelas IIB Pati menyampaikan bahwa dengan melihat hasil panen lele yang semakin meningkat, merencanakan akan membuat kolam lele lagi mengingat masih ada lahan kosong yang belum dimanfaatkan untuk kolam budidaya lele.

“Alhamdulillah Lapas Pati hari ini panen ikan lele Jumlah total seberat 300 Kg, dan untuk rencana tahun depan, kita akan membenahi kolam lele dan membuat kolam ikan lele lagi, sehingga lele yang disebar akan semakin banyak dan panen akan semakin meningkat,” ujar Kasibinadik dan Giatja 

Pada tahun 2023 dalam program Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE), Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pati akan mempersiapkan dan meningkatkan produksi yang dihasilkan, apalagi menjelang Ulang Tahun Hari Bhakti Pemasyarakatan akan ada kegiatan “One Day One Prison’s Product” , dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pati akan mempersiapkan dari sekarang. (Amin)