Greget Saut Suronan Desa Widorokandang Haul Ki Sagopo Sagopi Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk

THI. Pati - Dalam rangka bersih desa, Pemdes Widorokandang kades Sunarti dalam rangka greget saut suronan haul Ki Sagopo Sagopi, menggelar wayang kulit dipunden desa yang dihadiri juru kunci Ki Mintoro, Bhabinkabtimas Aipda Syaefur Rohman, S.H, Babinsa Serda Sujoko, toga, tomas dan seluruh warga masyarakat desa Widorokandang kec. Pati kota, selasa tgl (08/08/22).

Lakon Wahyu Tohjali greget saut suronan desa Widorokandang.

Kades Sunarti menyampaikan bahwa Pemdes Widorokandang mengadakan pagelaran wayang semalam suntuk dengan dalang Ki Bayu Mustiko Aji dengan lakon Wahyu Tohjali.

Mengungkapkan, lakon tersebut berkaitan dengan masa depan pemdes agar menjadi lebih maju kedepannya, selain itu juga untuk mengingat dan melestarikan seni budaya jawa dengan diadakan acara tasyakuran, keselamatan, atau bersih desa dengan pagelaran wayang kulit,," ujar Ki Mintoro.

Masyarakat tasyakuran karena pagebluk sudah hilang, Ini pun menjadi bersih desa perdana pemdes Widorokandang setelah  lama tanpa kegiatan pagelaran wayang kulit. 

Acara tersebut dihadiri tamu undangan dari sesepuh tokoh agama juga tokoh masyarakat setempat, sekedar untuk menikmati sajian wayang semalam suntuk ini.

Banyak juga yang hadir dari berbagai daerah warga masyarakat yang hadir sebagai penonton, ratusan penonton hingga memenuhi halaman pepunden desa Ki Sagopo Sagopi.

Dari anak anak, ibu ibu anak muda untuk menonton wayang kulit dengan lakon Wahyu Tohjali.

Menandakan budaya Jawa peninggalan nenek moyang kita masih gemari masyarakat. Sementara itu, kegiatan bersih desa adalah wujud rasa syukur atas berkah dan karunia Allah SWT. Warga Desa Widorokandang mengucapkan syukur atas berkah kesehatan dan keselamatan. Sehingga masyarakat bisa melewati ujian pada masa beberapa tahun terakhir dimasa pandemi kemarin.

Tak hanya itu, bersih desa ini mendorong warga masyarakat Widorokandang bisa memberikan manfaat kepada yang lain. Serta, mempertahankan kehidupan yang guyub dan gotong royong. Ucapan terima kasih kepada muspika kecamatan, Polsek Pati kota yang memberi izin dalam acara tersebut. Dan juga petugas keamanan, dalam pengamanan acara tersebut agar berjalan lancar. (RED)