Kunjungan Kerja Bupati Indramayu Dan Dedi Wahidi Anggota DPR RI Komisi V di Embung Wanakaya

 

Nina Agustina, S.H., M.H. C.R.A ( Bupati Indramayu ) dan Dedi Wahidi, S.Pd.( Anggota DPR RI ) Komisi V  Kunjungi Embung Wanakaya


THI - INDRAMAYU - Nina Agustina, S.H., M.H. C.R.A ( Bupati Indramayu ) dan Dedi Wahidi, S.Pd.( Anggota DPR RI ) Komisi V  Kunjungi Embung Wanakaya yang terletak di wilayah desa wanakaya kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu yang berdiri diatas tanah pesawahan milik desa ( Titisara) seluas 4,2 Ha. Sabtu, (18/9/2021). 

Dalam kunjungan tersebut nampak didampingi M. Lukman Syarif, S.ik.,MH ( Kapolres ) Indramayu, Letkol INF. Teguh Wibowo, S.os ( Dandim Indramayu ),  Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung dan Kepala BBWS Citarum serta Rury Firmansyah ( Camat Haurgeulis ) dan juga ikut hadir serta mendampingi Kuwu Desa Wanakaya beserta jajaran dan perwakilan BPD. 

Terik matahari yang panas tidak menghalangi Dedi Wahidi ( Anggota ) Komisi V DPR RI beserta Nina ( Bupati ) Indramayu untuk bersama - sama meninjau  Embung Wanakaya yang berada ditengah pesawahan " Dengan dibangunnya embung Wanakaya petani tidak lagi kesulitan dalam memperoleh air yang selama bertahun - tahun dikeluhkan petani desa Wanakaya dan beberapa desa lain yang mencakup dua kecamatan sekaligus yaitu, Kecamatan Haurgeulis dan Anjatan" Pungkas Dedi. 

" Pembangunan Embung yang menelan biaya tidak sedikit dan diambil dari dana APBN 2020 sebesar Rp. 21.563.507.500 dan APBN 2021 sebesar Rp. 10.846.109.500 diharapkan bisa memberikan manfaat yang baik dan bisa meningkatkan hasil panen maksimal. Untuk itu saya mengharapkan kepada semua baik dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten agar bisa bersama menjaga, mengelola dan memelihara Embung Wanakaya agar semua kebutuhan petani yang mendasar ini bisa terpenuhi dan bisa mencapai swasembada beras " Tambah, Dedi Wahidi. 

Embung Wanakaya di desa wanakaya kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu

Sementara itu di lokasi yang sama, Nina ( Bupati) Indramayu menyampaikan " Saya bersyukur, dan merasa senang dengan apa yang sudah terlihat kalau pembangunan Embung Wanakaya ini sudah jadi dan siap menampung debit air untuk mengairi sawah masyarakat seluas 777 Ha. Walaupun progres pembangunanya belum mencapai 100℅ hanya tinggal kebutuhan pengerasan atau betonisasi jalan saja akan tetapi untuk embungnya dinyatakan siap untuk menampung volume air 101.800 m3 sehingga masyarakat kami untuk masa tanam padi nanti sawahnya bisa teraliri air dengan baik" Ungkapnya. 

Embung Wanakaya yang memiliki luas 4,2 Ha ini dibangun diatas tanah titisara milik desa Wanakaya dan awal pembangunan di mulai dari tahun 2020 hingga 2021 yang menelan biaya total Rp. 32.409.617.000 ( Tiga puluh dua milyar empat ratus sembilan juta enam ratus tujuh belas ribu rupiah) Biaya keseluruhan diambil dari sumber dana APBN 2020 dan 2021 terbagi dua termin. 

Pipa saluran air sepanjang 1,3 Km terpasang mengarah ke sungai cipunegara yang merupakan sumber air untuk mengisi embung dan terpasang mesin pompa air dengan kekuatan 250 liter/detik dengan kedalaman embung 5,4 (Lima koma empat ) meter dengan keliling embung 823.00 m dan Volume tampung mencapai 101.800 m3. (Edho)