Anak Ketemu Soal Susah? Fitur Canggih Ini Dapat Bantu Menjawabnya Dalam Hitungan Detik

TH.Indonesia. Pati - Pernah nggak kamu merasa kebingungan saat anak meminta belajar bersama atau membahas soal-soal? Mungkin kamu khawatir karena sudah lupa dengan cara pengerjaannya, sehingga cara belajar anak menjadi  tidak maksimal. Nah, untuk mengatasi hal itu, sekarang sudah ada solusinya, lho. 

Saatnya menikmati ruangguru aplikasi belajar berbasis online.


Proyek kecerdasan buatan terbaru dari Ruangguru bernama roboguru, robot yang dapat menjawab soal latihan Ujian Nasional (UN) dan SBMPTN.

Insertlink https://roboguru.ruangguru.com/ dapat digunakan oleh semua pengguna aplikasi Ruangguru. Syaratnya mudah kok, cukup download aplikasi Ruangguru, lalu sign up atau log in dengan data diri anak, selesai deh. Setelah itu, kamu bersama buah hati bisa langsung menggunakan fitur ini sebanyak 5 kali dalam sehari. 

Lalu, bagaimana cara pengerjaan roboguru?

Kirim soal yang dirasa sulit dalam bentuk foto, lalu upload. Tunggu sebentar karena roboguru akan memproses pertanyaan selama 3-5 detik, dan taraaa… soal berhasil terjawab lengkap dengan cara pembahasannya.

Selanjutnya tampilan pada aplikasi akan memperlihatkan lima soal dan jawaban yang paling relevan dengan pertanyaan anak kamu. Jadi, nggak hanya menjawab soal, tapi juga diberikan referensi soal yang mirip lainnya.

Fitur roboguru bekerja dengan mengoptimalkan tiga komponen dasar yang mencakup akurasi (ketepatan jawaban), runtime (kecepatan memproses data), dan juga memori. 

Ketiganya harus saling mendukung dengan seimbang, sebab jika akurasinya sudah baik namun durasi menunggunya cukup lama, maka roboguru tidak dapat berjalan optimal. 

Begitu juga sebaliknya, jika durasinya cepat tetapi akurasinya menurun. Sama saja tidak bisa digunakan, kan?

Ruangguru mengharapkan adanya fitur ini dapat menjadi pilihan tepat bagi anak yang kini sedang giat berlatih tanya jawab soal untuk persiapan ujian. 

Soal yang dapat ditanyakan melingkupi semua mata pelajaran, baik saintek maupun soshum. Begitu pula dengan bentuk soal, bisa dalam bentuk bergambar, sebab-akibat, atau bahkan pilihan ganda.

Soal-soal yang dapat terdeteksi roboguru merupakan hasil dari kumpulan soal UN selama 5 tahun terakhir dan buku-buku paket yang paling banyak digunakan oleh pengguna Ruangguru. 

Saat ini, secara keseluruhan telah ada puluhan ribu soal yang tersimpan dalam kemampuan kecerdasan buatan roboguru. Dalam akhir tahun ini, ditargetkan terdapat 1 juta soal yang dapat dideteksi dengan baik melalui aplikasi. Sangat membantu ya?

Bagi orangtua dan anak yang masih merasa butuh bantuan tambahan untuk menjelaskan mengenai jawaban yang dihasilkan roboguru, dapat menggunakan fitur ruanglesonline untuk langsung menanyakannya pada tutor melalui aplikasi Ruangguru. Kini, nggak ada lagi penghalang anak buat belajar kan?