Kapolsek Singingi Hilir Melakukan Pembentukan Pos Kamling Desa Petai Kec. Singingi Hilir

TH.Indonesia. Kuansing - Menjelang Pelaksanaan Pilkada kabupaten Kuansing yang akan di laksanakan pada bulan Desember 2020, Kapolsek Singingi Hilir AKP H. Bambang Hariyanto S.H. M.H Berserta Personel Polsek dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa desa Petai melakukan pengecekan Pembentukan Pos kamling desa Petai kec. Singingi Hilir.

Dok/THI. Pembentukan pos kampling ditiap desa.

Kapolres Kuansing AKBP Hengky Poerwanto S.I.K ., M.M menjelaskan bahwa telah memerintahkan kepada para Kapolsek Jajaran Polres Kuansing untuk mengaktufjan kembali Pos Kamling yg ada sebagaimana saat ini yang telah dilaksanakan oleh Kapolsek Singingi Hilir AKP H. Bambang Hariyanto S.H.,M.H," ujar Kapolres.

Bersamaan dengan hal tersebut Kapolsek Singingi Hilir menjelaskan akan mengaktifkan kembali seluruh Pos kamling yang berada di wilayah hukum kecamatan Singingi Hilir secara umum dan desa Petai secara khusus, selasa tgl (04/08/20).

Keberadaan Pos kamling sangat di perlukan disetiap desa dan rukun warga (RW) sebagai salah satu kegiatan utk menjaga keamana dan keteriban lingkungan dan Pos Kamling merupakan perpanjangan tangan dari tugas Kepolisian untuk lingkup Desa serta sebagai wadah kegiatan Perpolisian Kemasyarakatan (POLMAS) dimana Kegiatan Pos Kamling disamping dapat menjaga Keamana lingkungan juga dapat sebagai sarana Pemecahan masalah (Problem Solving) dengam mengedepankan unsure 3 pilar yaitu Kepala desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa, sehingga setiap perkara yang ringan dapat di selesaikan ditempat tersebut," terang Kapolsek.

Dalam kesempatan itu Kapolsek Singingi Hilir memberikan Petunjuk dan Arahan kepada masyarakat atau petugas Pos kamling tersebut tentang pengaturan Regu, dan tata cara pelaksanaan patroli lingkungan pada jam jam rawan dan sistem pelaporan jika ditemukan peristiwa tindak pidana.

Bersamaan dengan hal tersebut Kapolsek Singingi Hilir juga memberikan Bantuan Perlengkapan Poskamling diantaranya Tongkat T, Senter, Borgol dan Jas Hujan yang di terima oleh Bhaninkamtibmas Desa Petai Bripka Kustiansyah Putra, dan dalam kegiatan tsb Kapolsek juga berpesan kepada Kepala Desa dan Masyarakat desa petai agar selalu mendukung dan bahu membahu untuk terlaksananya kegiaran Pos Kamling ini guna terciptanya keamanan lingkungan warga desa petai itu sendiri.

Dalam kesempatan itu juga kepala desa Petai ASRIL mengatakan, sangat berterima kasih kepada Polres Kuansing dalam hal ini Polsek Singingi Hilir bersama - sama dengan kepala desa Sukamaju, Bhabinkamtibmas desa Petai dan Babinsa Desa yang telah membantu mengaktiflkan kembali Pos Kamling Desa Petai guna terwujudnya keamanan desa kami dan tentunya ini sangat membanggakan buat kami.

Kapolsek Singingi Hilir AKP H. Bambang Hariyanto SH, MH menerangkan adanya semangat dari warga desa Petai untuk mendukung terbentuknya pos kamling tsb adalah merupakan suatu bentuk kesadaran masyarakat akan terciptanya keamanan lingkungam di desa tersebut sudah tinggi sehingga hal tersebut juga akan memudahkan dan meringankan tugas kami sebagai anggota Polri sehingga kita secara bersama sama dapat ciptakan keamanan dengan semangat kebersamaan. (Asmuni)