Danrem 172/PWY Dukung Gemapi Dalam Berwirausaha

TH.Indonesia. Abepura - Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan mendukung penuh upaya Gerakan Mahasiswa Papua Indonesia (Gemapi) menciptakan kader-kader Pemuda yang mampu melebarkan sayap di sektor wirausaha khususnya di sektor pangan.

Danrem dukung penuh Gemapi.

Hal tersebut disampaikan saat audiensi Gemapi bersama Komandan Korem 172/PWY di Makorem 172/PWY di dampingi Kasiter Korem 172/PWY Letkol Inf Fitriana Nur Heru, Abepura, kota Jayapura, Senin tgl (03/08/20).

Lebih lanjut dikatakan bahwa dengan berwirausaha lewat sektor pangan dapat menarik banyak mahasiswa-mahasiswa untuk bergabung dengan Gemapi.

“Sebaiknya dimulai dari produk tanaman jangka pendek, yang saat ini masih didatangkan dari luar Papua seperti bawang merah, bawang putih. 

Selain itu, potensi pangan lokal berupa ubi-ubian, jagung, sayuran, juga peternakan dan perikanan, merupakan komoditi unggulan di Papua yang dapat membangun ketahanan pangan, khususnya untuk mengantisipasi dampak pandemi covid 19 saat ini”, kata Danrem.

Pihaknya juga mengungkapkan, bahwa Korem 172/PWY akan membantu berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah dalam hal penyiapan lahan, pelatihan dan pendampingan.  

Termasuk mendorong kemitraan dengan pihak-pihak yang dapat membantu penyiapan wirausaha muda Papua. 

Sehingga dari Gemapi, diharapkan akan dapat berkembang potensi investasi yang mampu mendorong upaya percepatan pembangunan di Papua.

“Kami juga sedang mempersiapkan balai pelatihan agro, yang akan fokus pada bidang pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan. Agro bisnis adalah sektor yang potensial menjadi unggulan di Papua”, ujarnya.

Selain itu, Danrem mengingatkan bahwa kinerja dari Gemapi perlu terus ditingkatkan melalui pengembangan kreatifitas dan inovasi dalam upaya peningkatan kesejahteraan, pertumbuhan ekonomi daerah dan pembangunan sumber daya manusia.

“Semangat adik-adik mahasiswa tidak boleh surut dalam berkarya, karena Gemapi adalah salah satu organisasi yang bergerak untuk membantu pemerintah dalam membangun Papua yang maju dan sejahtera. Jalankan visi dan misi dengan baik yaitu menciptakan kader-kader dalam bidang wirausaha”, tuturnya.

Menjelang HUT ke-75 Republik Indonesia, Danrem mengajak untuk bersama-sama melakukan kegiatan-kegiatan dalam rangka memeriahkan perayaan tersebut di Tanah Papua.

“Kami telah menyiapkan beberapa bendera merah putih, masker dan kaos, nantinya akan kami bagikan dan kita akan kibarkan bendera merah putih secara bersama-sama di jembatan merah Youtefa”, ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Gemapi Pilatus Netep menyampaikan visi dan misi Gemapi saat ini yaitu ingin menciptakan kader-kader pemuda yang bukan hanya saja berpolitik tetapi bisa membuka wirausaha dan juga sedang berusaha membuka wawasan kader-kadernya dengan cara berwirausaha dan tidak hanya berharap menjadi PNS.

“Kami sedang membuka pemahaman teman-teman melalui sektor ekonomi, salah satunya di sektor pangan lokal, sehingga dapat di jual di pasar mama-mama Papua dan kami sudah membentuk satu kelompok tani, kita ajarkan cara bertani yang baik dan dari hasil itu kita coba tawarkan. 

Kita juga akan bekerjasama dengan mitra yang akan membeli hasil pertanian para petani lokal dari hasil lahan mereka”, ujarnya.

“Kami juga membuka pelatihan di bidang wirausaha, birokrat serta politik dengan cara melatih mereka, dan kami memberikan pilihan kepada mereka untuk memilih dari 3 (tiga) bidang ini, agar kami bisa melatih mereka sesuai pilihan mereka”, lanjutnya.

Pilatus juga mengatakan, dukungan yang diberikan oleh Danrem 172/PWY ini merupakan salah satu semangat bagi Gemapi untuk terus berkarya dalam membantu pemerintah untuk mebangun dan mensejahterkan masyarakat Papua. (A.Purwoko)