Pangdam XVII Kasuari : Kalian Berada Disini Harus Dicintai Masyarakat

TH.Indonesia. Teluk Wondama - Kalian dari seluruh Indonesia datang ke sini banyak pengalaman dari tempat masing-masing. 

Dok/THI.

Berikan contoh kepada masyarakat, sebagaimana yang tercantum dalam 8 Wajib TNI yaitu menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya, Sabtu tgl (11/07/20).

Kita juga harus menjadi contoh dan teladan kepada masyarakat setempat. Jangan kita sakiti masyarakat sehingga masyarakat mencintai TNI, khususnya TNI Angkatan Darat. Masyarakat menolak kalian, itu tidak boleh terjadi. Jadi kalian berada disini harus dicintai oleh masyarakat.

Pesan dan penekanan ini ditujukan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P., M.Si., jumat pagi kepada para prajurit Satuan Bawah Kendali Operasi (BKO) Kodim Persiapan yang mendapat wilayah penugasan di Distrik Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat.

Dalam kunjungannya ke Teluk Wondama ini, selain didampingi Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari, Ny. Retno Ali Hamdan Bogra, turut serta Kapoksahli Brigjen TNI Drajad Brima Yoga, S.I.P., M.H, Asops Kolonel Inf Lucky Avianto, S.I.P., dan Aster Kolonel Inf Hengki Yuda Setiawan.

Lebih lanjut dikatakan Mayjen Ali Hamdan Bogra, kedatangan Satuan BKO ke Kabupaten Teluk Wondama adalah untuk melaksanakan tugas teritorial membantu Kodam XVIII Kasuari dalam rangka mempersiapkan wilayah yang nantinya akan didirikan Kodim definitif yang memiliki tugas untuk melaksanakan Pembinaan Teritorial di Wilayah.

Tidak lupa orang nomer satu di Kodam XVIII Kasuari ini mengucapkan terima kasih atas keberadaan para prajurit yang datang dari berbagai daerah di seluruh Indonesia untuk menjalani tugas sebagai Satuan BKO Kodim Persiapan di wilayah Kodam XVIII Kasuari.

“Saya juga berterima kasih kalian sudah berada di sini membantu Kodam XVIII Kasuari untuk membina masyarakat di sini melakukan kegiatan - kegiatan teritorial.

Selama kalian berada di sini, harus selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Danramil karena di sini belum ada Kodim," ucap Pangdam Mayjen Ali Hamdan Bogra.

Menurutnya, tugas-tugas teritorial yang paling banyak dilakukan di wilayah tugas sebagai Satuan BKO adalah Bakti Sosial guna membantu masyarakat di daerah bersama Aparat Pemerintah dan segenap komponen masyarakat.

"Kita juga sedang terus berusaha, bagaimana ke depan di sini akan menjadi Kodim,” ucapnya.

Pangdam merasa bersemangat sekaligus bersyukur melihat para prajurit yang di BKO-kan ke Kodam XVIII Kasuari ini dalam kondisi sehat walafiat.

"Saya semangat melihat kalian. Saya sangat bersyukur kalian masih sehat-sehat. Jaga kesehatan kalian, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, apalagi sekarang adalah musim Covid-19.

Jadi kita harus jaga diri, usahakan minum minuman yang memberikan imunitas yang bagus, seperti jahe, kunyit, dan lain sebagainya,” pesan Pangdam XVIII Kasuari.

Terkait itu, masih banyak lahan yang dapat dimanfaatkan untuk ditanami tanaman, seperti jahe dan kunyit.

“Apabila kalian tanam, ajarkanlah kepada masyarakat untuk bagaimana menanam tanaman 'apotek hidup' untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Kita datang dari jauh-jauh untuk memberikan contoh kepada masyarakat kita di sini yang jauh dari kota.

Mereka banyak yang belum mengenal tentang bagaimana bercocok tanam dan lain sebagainya,” kata Mayjen Ali Hamdan Bogra.

Dirinya juga berpesan agar kebiasaan yang baik dan budaya dari masing-masing daerah personel Satgas harus ditunjukkan di daerah penugasan dalam beradaptasi dengan masyarakat dan lingkungan yang ada.

“Dengan demikian, nantinya masyarakat akan dapat melihat bahwa dari Sulawesi, Jawa, dan Bali, serta Kalimantan mempunyai tata krama yang kita himpun jadi satu dalam budaya nusantara.

Jadi kita tunjukkan yang terbaik, itulah Angkatan Darat, berbeda-beda tetapi tetap satu," ujar Pangdam XVIII Kasuari, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P., M.Si.

"Apabila ada yang ingin menjadi anggota organik Kodam XVIII Kasuari, silahkan mendaftarkan diri melalui Kodim setempat dan nanti akan kita proses kepada Kodam-Kodam asal kalian masing-masing,” tambahnya.

Selain bertatap muka dengan para Prajurit Satuan BKO, Pangdam beserta rombongan dari Kodam XVIII Kasuari juga berkunjung ke Kantor Bupati Teluk Wondama, yang disambut langsung oleh Bupati Teluk Wondama Drs. Bernandus Imburi beserta Forkopimda kabupaten Teluk Wondama.

Pada kesempatan kunjungannya kali ini, Pangdam dan rombongan sekaligus melihat dari dekat lokasi pembangunan Kodim Persiapan Teluk Wondama yang berada di Kampung Tandia, Distrik Rasiei. ($.darto)