Siswa dan Guru SMPN 01 Mendapatkan Wawasan Kebangsaan Oleh Danramil Juwana

TH.Indonesia. Pati - Bertempat di  Aula SMPN 1 Juwana Kabupaten Patu, Danramil 02 Juwana, Kapten Inf Yahudi S.Sos Mensosialisasikan atau memberikan pembekalan wawasan kebangsaan kepada pelajar dan guru  SMPN 01 Juwana, di desa Kudukeras Kecamatan Juwana Kab. Pati, Senin tgl (21/01/19).

Kapten Inf. Yahudi S.Sos memberikan materi wawasan kebangsaan.

Menurut Kapten Inf Yahudi S.Sos, wawasan kebangsaan Pancasila harus dipahami sejak dini, karena untuk menanamkan ideologi kebangsaan yang kuat dan rasa cinta tanah air serta mengetahui dasar negara Indonesia yaitu Pancasila.

"Kita memotivasi generasi muda dimulai dari pelajar untuk belajar pengetahuan Pancasila, bagaimana hidup berbhineka tunggal ika dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila," ujarnya.

"Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia ada 4 pilar yang perlu kita ketahui bersama yakni Pancasila, UUD Negara RI 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika," imbuhnya.

Menurutnya, pola kehidupan seperti ini perlu terus disosialisasikan kepada generasi muda, karena sampai saat ini mereka dalam bersikap dan bertindak banyak yang masih belum mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai Dasar Negara.

"Generasi muda sekarang ini jauh berbeda dengan generasi seperti dulu, dimana di zaman sekarang ini para generasi muda kita masih sangat kurang peduli terhadap wawasan kebangsaan," tegasnya.

"Jangan gampang terhasut ataupun terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan NKRI yang kita cintai ini," tandasnya.

Diakhir penyampaiannya dalam memberikan wawasan kebangsaan, Kapten Inf Yahudi S.Sos menjelaskan bagaimana perjuangan para pejuang yang sudah mempertahankan keutuhan NKRI dengan mengorbankan jiwa dan raganya, menjaga kekompakan dengan tidak saling membeda-bedakan sehingga terjadi permusuhan, perpecahan diantara kita kemudian musuh dengan gampang merebut Indonesia.

Kepala Sekolah SMPN 1 Juwana, Drs. Mashuri, S.Pd memberikan apresiasi “kami berterima kasih kepada Danramil 02 Juwana yang telah sudi dan meluangkan waktunya untuk memberikan Wasbang kepada Guru  SMPN 1 Juwana sebagai tenaga pendidik kepada siswa-siswi melalui pembekalan yang diberikan ini menjadi pedoman untuk para Guru,” Ungkap Kepala Sekolah.

Sangat penting untuk generasi milineal sekarang ini agar lebih paham tentang pendidikan dan wawasan kebangsaan sebagai sarana cinta tanah air dan Bangsa. ($.hodiqin)