Dandim Pati : Wawasan Kebangsaan Sangat Bagi Generasi Muda Penerus Bangsa

TH.Indonesia. Pati - Bertempat di Aula MA Al Istianah desa Plangitan RT006 RW002 Kec. Pati Kab. Pati telah dilaksanakan pengarahan oleh Dandim 0718 Pati Letkol Arm Arief Darmawan S.Sos kepada siswa siswi MA Al Istianah dan MTs Al Istianah dengan materi wawasan kebangsaan yang diikuti oleh kurang lebih 300 orang siswa dan staf pengajar.

Semangat wawasan kebangsaan menjadi modal penting bagi generasi muda yang akan datang. 

Letkol Arm Arief Darmawan S.Sos. mengatakan dalam penyampaian. Wasbang antara lain bahwa ;

Pengalaman sejarah di Indonesia pada abad ke 7 adalah kehancuran kerajaan Sriwijaya, penyebab kehancuran Sriwijaya bukan serangan dari luar tetapi hancur karena sibuk mengurusi bangsanya sendiri, hal itu juga di alami oleh kerajaan Majapahit agar supaya bangsa kita tidak terulang kembali pengalaman sejarah tersebut maka perlunya meningkatkan wawasan kebangsaan untuk membangun NKRI.

Bangsa dan Negara di dunia senantiasa berusaha untuk mewujudkan cita" dan kepentingan nasional demikian juga halnya dengan Bangsa dan Negara Indonesia di antaranya adalah melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, dan salah satunya dengan kekuatan militer sebagai daya tangkal artinya militer yang kuat bukan untuk perang tapi  untuk mencegah perang.

Bersatunya militer, kepolisian dengan rakyat itulah sebagian kekuatan yang maha dasyat yang sangat ditakuti oleh negara lain baik secara global maupun horizontal.

Setiap warga Negara berkewajiban untuk membela Negara guna menumbuhkan rasa nasionalisme perlu wasbang kecintaan pada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia, kerelaan berkorban untuk Bangsa dan Negara yang terpenting adalah menjaga keutuhan NKRI.

Dengan pendidikan wawasan kebangsaan diharapkan siswa siswi bisa memiliki unsur dan nilai-nilai kebangsaan yaitu cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia yakin akan Pancasila rela berkorban untuk Bangsa dan Negara memiliki kamampuan awal bela Negara sebagai dasar utama yang berlandaskan Bhinneka Tunggal Ika. ($.davit)