Ribuan Warga Ikut Ngaji Bareng Bersama Cak Nun dan Kyai Kanjeng di Desa Sundoluhur Kayen Pati

TH.Indonesia. Pati - Halal BI halal warga desa sundoluhur berbeda dengan desa lainnya, karena diisi dengan acara pengajian sinau bareng Emha Ainun Najib (cak Nun dan kyai kanjeng) dari Jogjakarta, acara dilakukan di pelataran warga dan Jamaah yang baru hadir langsung disambut panitia dengan diberikan kopi dan ubi rebus gratis, Senin tgl (03/07/18).

Ngaji bareng Cak Nun bersama masyarakat desa Sundoluhur. 

Acara sinau bareng  dipenuhi oleh jamaah dari berbagai daerah, dari Demak, Kudus, Jepara dan Grobogan pada umumnya mereka yang hadir adalah para santri, anak-anak jalanan, dan jamaah maiyah keliling. Hal tersebut karena kecintaan mereka pada cak nun sosok yang bisa ngemong siapapun dari mana asalnya dan golongannya, juga hadir juga camat Kayen, Kapolsek Kayen dan Danramil Kayen. 

Sambutan ketua panitia Ahmad Zaenudin  di sinau bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng. desa sundoluhur memaknainya  dengan berbeda dengan wilayah lainnya. 

Desa sundoluhur menyelenggarakan halal BI halal  pengajian dengan tema Sinau bareng Emha Ainun Nadjib tidak dengan berhura-hura, acara ini termotivasi oleh indahnya pelangi meskipun berbeda-beda warna tapi terlihat indah.acara seperti  ini sudah dilakukan dua kali, dengan pengajian ini dan semoga bisa mendatangkan berkah dan ridho Allah SWT. Semoga tahun depan acara serupa bisa terselenggara lagi, dan tak lupa ucapan terima kasih bagi semua warga sundoluhur yang telah berpartisipasi dengan harta benda, pikiran, tenaga dan juga do'a. 

Dan bagi jamaah semoga mendapatkan keberkahan dalam hidup. tetapi nanti kalau acara selesai mohon agar mengumpulkan sampah ditempat yang sudah disediakan panitia, agar acara selesai tempat acara tetap terjaga kebersihannya, karena kebersihan sebagian daripada iman.

Sambutan camat Kayen Drs. Jabir Mengucapkan terima kasih kepada panitia atas terselenggaranya pengajian dengan tema Sinau bareng dengan Emha Ainun Najib. 

Semoga keberkahan meliputi desa sundoluhur dan juga bagi para jamaah yang sudah hadir, camat juga menyampaikan permohonan maaf bupati Pati H. Haryanto yang berhalangan hadir karena acara mendadak yg tidak bisa ditinggalkan. Semoga semuanya bisa berjalan dengan lancar tanpa ada sedikitpun gangguan.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan dan lagu bagimu negeri kemudian dilanjutkan dengan  sholawatan yang dipimpin cak imam dengan iringan kyai kanjeng, jamaah yang hadir ikut bersholawat sehingga acara menjadi lebih meriah. 

Dalam acara sinau bareng cak nun mengajak jamaah semua untuk mulai berpikir positif tentang apa itu Negara dan pemerintah, karena pada dasarnya sekarang ini bangsa Indonesia bahkan pemerintahnya sendiri tidak paham makna bernegara, sehingga bangsa ini mudah terpecah belah. 

Tetapi Cak Nun juga mengajak tenang jamaah karena nanti semuanya juga akan selesai dengan sendirinya, hal semacam itu seperti ombak laut yang mana terlihat seolah-olah membahayakan tetapi nanti jika sampai dipantai juga akan menjadi tidak berpengaruh, dan akan kembali kelaut lagi, kalaupun ombaknya besar maka ombak akan berbenturan dengan batu karang dan akhirnya juga kembali kelaut. 

Tidak ada yang perlu kita khawatirkan tentang Negara ini yang penting hidup kita ini jangan sampai dibenci oleh Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. 

Terkait dengan isu islam sekarang ini, seperti islam nusantara islam arab itu hanyalah cara kotor politikus yang ingin menguasai kekayaan negeri ini dengan membawa orang asing untuk mengeruknya. 

Yang ada itu islam rahmatan lil alamin dan yang rahmatan lil alamin itu sebenarnya Nabi Muhammad SAW yang diutus untuk menyempurnakan ahlak umatnya, sehingga umat nabi yang mencontoh sifat kebaikan rosulluloh maka dia juga akan menjadi rahmatan lil alamin bagi manusia lainnya. ($.drmto)