Karnaval Dalam Rangka Sedekah Bumi Dan Haul Wali Qoryah Mbah Surgi Kamandowo Ke 22 di Desa Sundoluhur Berlangsung Meriah

TH.Indonesia. Pati - Karnaval dalam rangka Sedekah Bumi dan Haul Mbah Surgi Kamandowo yang ke 22 berlangsung sangat meriah, acara yang dimulai pukul 13.00 WIB kamis tgl (26/07/18) diikuti Grup Marching Band dari MA Walisongo kayen serta Grup Barongsai dan leang leong dari SMA PGRI 02 Kayen, kekompakan juga ditunjukkan oleh siswa siswi MI & MTs Nihayaturroghibin desa Sundoluhur yang selalu aktif mengikuti acara karnaval tersebut di setiap tahunnya.

Karnaval yang diikuti oleh peserta dan masyarakat desa Sundoluhur Kayen Pati. 

Adapun untuk rutenya bermula dari lapangan utara makom keliling dusun Sunde hingga kembali kelapangan, karnaval tersebut juga diikuti aktraksi dari perguruan silat dari Pagar Nusa dari desa Trimulyo Kecamatan Kayen Kabupaten Pati.

Salah satu panitia yang sempat kami wawancarai Mr. Darmanto mengatakan," sangat kami apresiasikan, buat teman-teman panitia atas kinerja selama ini, tanpa kekompakkan dari panitia, acara karnaval seperti ini tidak akan berjalan, acara yang dikomandoi Mas Ulil Albab selaku ketua Karang Taruna dan H. Jupri, tahun ini berlangsung sangat tertib dan kondusif, " pungkasnya.

Harapan saya sebagai pemuda Sundoluhur, agar pemerintah desa Sundoluhur mendukung penuh, supaya acara ini tambah meriah seperti desa-desa lain, karena Mbah Surgi Kamandowo adalah salah satu Wali Qoryah desa Sundoluhur, beliau adalah utusan kerajaan Mataram yang diutus untuk menyebarluaskan ajaran agama islam pada abad ke15 di desa Sundoluhur dan sekitarnya.

Karena itu apa salahnya kalau kita sebagai generasi masa kini menguri-uri dan memberi penghormatan sebagai bentuk bahwa kita akan tetap selalu mengenang jasa jasa beliau dimasa lampau dalam menyiarkan agama Islam yang rahmatan lil alamin, semoga tahun demi tahun acara karnaval seperti ini akan tambah meriah dan kekompakkan pemuda desa Sundoluhur khususnya dukuh Sunde akan tetap terjaga demi kemajuan Desa Sundoluhur, " pungkasnya.

Barongsai leang-leong dari SMA PGRI 02 Kayen Pati. 

Adapun untuk puncak acara sedekah bumi dan haul mbah Surgi Kamandowo adalah pengajian akbar yang akan dilaksanakan pada hari jumat malam sabtu tgl (27/07/18) yang akan dihadiri oleh Kyai H. Alimuttaqin dan diiringi Group Nassyid Gambus dari Jawa Tengah. (Tim/drmto)