Danramil Margorejo Bersama Anggota Dan Masyarakat Desa Dadirejo Berjibaku Bersihkan Sampah Disepanjang Sungai

TH.Indonesia. Pati - Sebagai bentuk solidaritas  TNI dan warga tepatnya di Desa Dadirejo kecamatan Margorejo Pati tepat pada pukul 07.30 WIB dipagi yang cerah dan angin semilir yang meniup pepohonan di bantaran sungai prakitan menambah rasa keindahan suatu desa dengan suara warga bercengkrama sambil mengayunkan galah dari bambu untuk menarik sampah yang berada di dalam sungai, Sabtu tgl (28/07/18).

Koramil 12 Margorejo bersama warga dan masyarakat setempat berjibaku membersihkan sampah di sepanjang aliran sungai prakitan. 

Masyarakat dukuh prakitan, desa Dadirejo kec. Margorejo telah melaksanakan karya bhakti atau bhakti sosial pembersihan sampah di sepanjang bantaran sungai prakitan oleh Danramil 12 Margorejo Kapten Inf Sriyanto dan anggotanya.

Perangkat desa Dadirejo dan masyarakat 40 org dibawah pimpinan oleh Pjs Kades Sularso tujuan kegiatan tersebut adalah menindak lanjuti keluhan warga dan masyarakat bahwa pada saat ini di musim kemarau sungai prakitan mengeluarkan aroma busuk atau bau yang tidak sedap.

Kondisi air yang tidak lancar di akibat banyaknya sampah yang menumpuk, baik sampah pabrik atau sampah organik yang ada didalam sungai sehingga sungai prakitan merupakan endemis nyamuk yang berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit menular.

Dengan adanya permasalahan tersebut Danramil 12 Margorejo bersama Pjs Kades berupaya untuk pembersihan sampah di sepanjang bantaran sungai dengan harapan agar warga tidak lagi terjangkit penyakit demam berdarah, yang dikarenakan lingkungan yang tidak bersih.

Pagi ini air di sungai perakitan sudah mengalir dengan lancar, hal ini di butuh kesadaran warga yang berdomisili di tepi sungai untuk tidak membuang sampah di sungai agar tidak terjadi sendimen atau penumpukan material yang bisa mengakibatkan banjir bandang karena curah hujan yang tinggi.

Sehingga pada musim hujan nanti dapat menjadi DAS atau daerah aliran sungai yang bermanfaat untuk warga, baik untuk pengairan atau irigasi di sawah-sawah yang membutuhkan air cukup banyak pada masa tanan nantinya. ($.tikno)