Putra Asli Papua Dengan Tarian " Sajojo" Meriahkan Upacara Penutupan TMMD Reg 101 di Desa Godo Kecamatan Winong Kabupaten Pati Jawa Tengah

TH.Indonesia. Pati - Bukan hanya dari adat serta budaya lokal Jawa Tengah saja yang turut memeriahkan upacara penutupan TMMD Reguler ke-101 yang berlangsung di Desa Godo Kecamatan winong pada hari kamis tgl (03/04/18), para putra Papua ini  jauh-jauh datang ke pulau Jawa sengaja ingin menampilkan Tarian “Sajojo”, siapakah dia...??

Tarian Sajojo putra Papua Meriahkan penutupan TMTM di desa Godo. 

Sejenak kita mengulik tentang tarian dari Papua ini, tari Sajojo adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari daerah Papua, tarian ini juga termasuk jenis tarian pergaulan yang bisa dilakukan oleh siapa saja, tak pandang jenis kelamin baik pria maupun wanita, tak pandang usia baik tua maupun muda.

Tari Sajojo ini merupakan salah satu tarian tradisional yang sudah terkenal di Papua dan sering ditampilkan di berbagai acara, baik adat, hiburan, maupun acara budaya lainya.

Sedangkan nama tari Sajojo sendiri diambil dari judul lagu yang mengiringinya, yaitu lagu “Sajojo”. Lagu ini adalah lagu daerah dari Papua yang menceritakan tentang seorang gadis yang diidolakan dan dicintai di kampungnya.

Walau gerak Tari Sajojo tidak banyak menggambarkan lirik lagu tersebut, namun iramanya yang penuh keceriaan sehingga sangat cocok lagu tersebut  untuk mengiringi gerakan Tari Sajojo.

Dalam kegiatan upacara penutupan TMMD yang berlangsung di wilayah Kabupaten Pati pagi tadi ada yang menarik untuk disimak dan disaksikan, ada pemandangan dan atraksi seni budaya yang jarang ditampilkan di seputar wilayah Jawa Tengah.

Pentas seni dan budaya yang ditampilkan setelah kegiatan upacara penutupan TMMD ini dibawakan oleh putra-putra asli Papua, tujuh orang putra Papua berbadan tegap ini adalah merupakan anggota TNI yang berdinas di Yonif 410 Alugoro Blora dibawah arahan Letnan Satu Inf P. Siagian Komandan Peleton Satu Yonif 410 Alugoro.

Tidak heran mereka bertujuh telah biasa dan tampak luwes dalam membawakan tarian Sajojo yang dipertontonkan dalam kegiatan upacara penutupan TMMD tersebut. 

Sehingga membuat penonton begitu antusias, ini dikarenakan pada saat sebelum berdinas di TNI mereka sudah terbiasa dan sering melakukan tarian sajojo yang sangat populer bukan hanya di Papua saja tapi sudah banyak dikenal di nusantara. ($.tikno)