Masih Banyaknya Calo Dikantor Imigrasi Pati Sehingga Pembuatan Paspor Menjadi Mahal.

TH.Indonesia. Pati - Banyaknya calo yang ada di kantor imigrasi Pati jelas Sangat merugikan masyarakat, Sehingga Pembuatan Paspor Yang Semula hanya kurang lebih Rp 400 ribu, tapi dengan adanya calo , menjadi 1jt lebih.

Calo masih merajalela di kantor Imigrasi Pati 

Hal itu di sampaikan oleh salah satu pemohon Paspor kepada Tim media targethukumindonesia beliau juga mengatakan bahwa pada hari selasa tgl (21/11/17) beliau ketemu calo di belakang warung makan samping kantor imigrasi, saat ketemu salah satu calo beliau menanyakan ongkos pembuatan Paspor untk tujuan wisata ke Singapura.

Dan saat itu juga pihak calo menjelaskan dan menjanjikan pembuatan paspor dalam tempo Satu hari, Paspor bisa jadi asal  berani membayar Rp 1.7jt," terangnya menirukan ucapan Calo tersebut.

Padahal himbauan dari Gubenur Jateng Ganjar Pranowo sudah jelas, beliau  menghimbau kepada semua kantor Pelayanan masyarakat agar dalam melayani masyarakat harus sesuai prosedur tanpa harus melui calo, apalagi sampai terjadi pungutan liar (pungli).

Sangat di sayangkan jika itu masih  terjadi di kantor imigrasi Pati, padahal beberapa waktu lalu perwakilan dari pihak imigrasi, berkomitmen dalam pengurusan paspor tidak diharuskan melalui calo dan bisa di urus sendiri.

Di tempat terpisah Ketua LSM Aliansi Rakyat Mr Dwijo Siswanto SH mengatakan. "Sangat di sayangkan jika kantor imigrasi Pati masih menggunakan calo, padahal kalau melalui calo permohonan pembuatan paspor biayanya bisa membengkak bahkan sampai 3 kali lipat.

Mohon untuk pihak-pihak terkait dalam hal ini Bpk Gubenur Jawa Tengah, kakanwil Jateng dan Kementrian Hukum Dan Hak Asasi manusia menyikapi dan memberi teguran dengan keras bahkan kalau bisa di beri sangsi, karena jelas, calo sangat merugikan masyarakat dan tidak bisa di biarkan meraja lela kususnya dikantor Imigrasi kelas 2 Pati," pungkasnya. (Tim Leak)