Babinsa Koramil Wedarijaksa Aktif Membina Dan Melatih Anggota Linmas Desa Tluwuk

TH.Indonesia. PATI - Selasa tgl (21/11/17), bertempat dilapangan induk desa Tluwuk kecamatan Wedarijaksa kemarin pagi tepat pukul 10.05 WIB sampai selesai telah dilaksanakan pembinaan dan latihan mental Linmas yang terdiri dari anggota aktif pertahanan sipil atau Hansip.

Linmas - Hansip desa Tluwuk siap menjaga NKRI 

Kegiatan rutinitas yang sudah berlangsung dari tahun ke tahun ini, semakin meningkatkam kedisiplinan serta penyegaran materi PBB guna mendukung PAM Swakarsa pengisian perangkat desa Tluwuk kecamatan Wedarijaksa Tahun 2017 dan PAM menjelang Pam Natal dan Tahun Baru 2018, hadir dalam kegiatan tersebut kades Tluwuk, Babinsa Tluwuk beserta 1 pers Babinkamtibmas desa Tluwuk dan 15 anggota linmas desa Tluwuk kecamatan Wedarijaksa kabupaten Pati.

Dalam kesempatan tersebut Danramil 07 Wedarijaksa Kapten Cpm Saryono mengatakan bahwa harapan kami memberikan pelatihan dan juga pembinaan disiplin PBB atau persatuan baris berbaris dengan tujuan maksud untuk mendukung tugas pokoknya para personel Linmas yang hal ini menciptakan serta melaksanakan apa yang harus mereka nanti lakukan dihadapkan pada kegiatan membantu keamanan, dan ketertiban yang sangat diharapkan warga.

Bagi anggota kami yang membina dan melatih juga harus sesuai dengan porsi latihan kepada yang di latih, agar tujuan dan sasaran tersebut bisa tercapai secara maksimal.

Harapan dan tujuan kami kepada personil Linmas yang dilatih supaya tidak malas tapi tetap semangat dengan tujuan disiplin dalam bertugas sebagai PAM desa di wilayahnya agar tidak takut saat mengahadapi segala rintangan.

Hansip - Linmas adalah salah satu pertahanan dan keamanan yang di bentuk oleh pemerintah Indonesia berdasarkan Keppres No. 55 tahun 1972 bahwa organisasi pertahanan sipil dalam sistem Hankamrata merupakan komponen Hankam dan komplemen ABRI pada saat itu.

Namun melalui peraturan pemerintah nomor 6 Tahun 2010, yang menyebutkan tugas dan fungsi yang berkaitan dengan ketertiban umum, ketentraman masyarakat dan perlindungan masyarakat saat ini sudah dilaksanakan oleh Satpol-PP.

Adapun Linmas yang beranggotakan Hansip sangat sentral dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai keamanan warga yang ada di desa selama ini, inilah yang diharapkan agar masyarakat merasa nyaman dan terlindungi. Meskipun kini Hansip hanya diperuntukkan sebagai pengamanan kegiatan yang bersifat membantu kelancaran kegiatan yang ada di desa. ($.kahar)