Wawasan Kebangsaan Mulai Ditanamkan Sejak Dini Di SMAN 01 Bersama Danramil Pati Kota

TH.Indonesia. PATI - Dalam rangka meningkatkan stabilitas nasional, mutu pendidikan serta moralitas dikalangan generasi muda khususnya para pelajar di tingkat SLTA di wilayah teritorial Koramil 01 Pati Kota, dimana peran serta komando kewilayahan sangatlah penting sekali dalam rangka melaksanakan kegiatan wawasan kebangsaan terhadap generasi muda yang saat ini mulai tergerus oleh jaman di era globalisasi yang sangat riskan dengan teknologi informasi (Internet) sekarang ini.

Wawasan kebangsaan sebagai pembekalan generasi muda 

Kegiatan wawasan kebangsaan di laksanakan di SMAN 01 Pati, selasa tgl (10/10/17) dimulai pada 08.30 WIB oleh Komandan Koramil 01 Pati Kota Kapten Kav Suyatno sebagai pemberi materi wawasan kebangsaan, dengan mengambil  tema "MENINGKATKAN WAWASAN KEBANGSAAN UNTUK MEMBANGUN KEUTUHAN NKRI, hadir dalam kesempatan itu yang diwakili oleh kepala sekolah SMA N 01 Pati  Budi Santoso Spd, Mpd, MSi, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan Hendro Setiyo W, Komandan Koramil 01 Pati Kota Kapten Kav Suyatno, Bati Wanwil Koramil 01 Pati kota Pelda Widyo dan Babinsa Plangitan Serda Anang F.

Dalam pelaksanan sosialisasi wawasan kebangsaan yang diikuti oleh perwakilan ketua kelas, sekretaris dari masing-masing kelas, serta perwakilan dari kegiatan ekstrakurikuler dengan jumlah keseluruhan yang mengikuti kurang lebih 60 peserta.

Sambutan dari kepala sekolah SMA negeri 01 Pati mengatakan kepada siswa-siswi setelah menerima sosialisasi wawasan kebangsaan diharapkan bisa mengambil manfaat untuk dijadikan bekal dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan lebih semangat.

Menjadikan wawasan kebangsaan sebagai bekal dalam mengambil tindakan dalam mewujudkan rasa cinta tanah air dan bangsa, tebarkan benih persatuan dan kesatuan untuk lebih cinta kepada tanah air, saat siswa nanti menjadi pemimpin sudah mempunyai bekal tidak diragukan lagi cinta tanah airnya. Agar dicatat hal-hal penting dan diamalkan sebagai bekal bagi individu masing- masing juga disampaikan kepada teman yang belum mengikuti kegiatan sosialisasi wasbang ini.

Sosialisasi wawasan kebangsaan dengan materi yang disampaikan oleh komandan Koramil 01 Pati Kota Kapten Kav Suyatno tentang gambaran sejarah tentang Indonesia pada masa lalu kondisi Bangsa Indonesia, tentang wawasan IPOLEKSOSBUDHANKAM IPTEK sebagai tantangan, hambatan, rintangan yang dihadapi Bangsa Indonesia saat ini, empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Danramil 01 Pati memberikan mata kuliah wawasan kebangsaan di SMAN 01 PATI 

Harapannya siswa-siswi SMAN 01 Pati mampu menjadi generasi penerus Bangsa, sebagai pemimpin dimasa depan yang selalu mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara diatas kepentingan pribadi. Yang selalu menjunjung tinggi nilai - nilai patriotik kebangsaan maupun kenegaraan. ($.pungky)