Kades Tlogosari Komitmen Membangun Desa Demi Kemajuan Desa

TH.Indonesia. Pati - Minggu (22/10/17) Dana Desa adalah dana yang berasal dari APBN yang di peruntukan untuk seluruh desa di Indonesia guna menunjang Pembangunan infrastruktur dan ekonomi masyarakat desa, hal itu sudah tertuang di  Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomer 60 tahun 2014 tentang Dana Desa yang bersumber dari APBN yang berbunyi sebagai berikut.

Kades Tlogosari~Kamsudi 

Presiden Republik Indonesia menimbang: a. Bahwa berdasarkan ketentuan pasal 72 ayat (1)huruf besar dan ayat (2) undang undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, salah satu sumber pendapatan desa berasal dari alokasi anggaran pendapatan dan belanja negara. B. Bahwa alokasi anggaran pendapatan dan belanja negara kepada desa perlu di laksanakan secara transparan dan akuntabel dengan memperhatikan kemampuan anggaran pendapatan dan belanja negara. C.

Bahwa dalam rangka memberikan kepastian hukum, pengalokasian Dana Desa yang bersumber dari anggaran Pendapatan dan belanja negara perlu diatur dalam peraturan pemerintah. D. Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam a, huruf b, dan huruf c perlu menetapkan  peraturan pemerintah tentang Dana Desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan belanja negara. Mengingat 1: pasal 5 ayat (2) undang undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. 2: undang undang nomor 6tahun 2014 tentang desa (Lembaran negara Republik Indonesia tahun 2014 nomor 7, tambahan lembaran negara Republik Indonesia nomor 5495).

Hal itu bisa di buktikan di desa Tlogosari kecamatan Tlogowungu kab. Pati dibawah kepimpinan Kamsudi kepala desa Desa Tlogosari semakin maju baik dari segi infrastruktur maupun ekonomi, kepada tim media Targethukumindonesia beliau mengatakan.

Dengan adanya Dana Desa, desa kami semakin maju baik dari kemajuan pembangunan infrastruktur maupun ekonomi, untuk tahun ini saja alokasi dana desa kami bisa membangun di 12 titik yang ada di desa kami, baik pembangunan aspal, drainase, talut, maupun rabat beton, untuk pembangunan ekonomi kami sediakan modal tambahan BUMDES sebesar 10jt," ungkapnya.

Kamsudi memang di kenal sangat merakyat, setiap kali ada tetangganya yang kesusahan atau sakit beliau selalu siap siaga untuk melayani warga yang membutuhkan pertolongan beliau, misalnya mengantarkan untuk pergi berobat, dan lain sebagainya.

Desa yang terbagi menjadi 4 pedukuhan itu berpenduduk kurang lebih 3400 jiwa, yang mana sebagian besarnya penduduknya menggantungkan hidup dengan bercocok tanam atau petani dan sebagian lagi perantauan dan pegawai, walaupun tidak berbengkok seperti pada umumnya sebagian kepala desa di kabupaten Pati, tapi Kamsudi selalu aktif dan siap siaga demi melayani persoalan warga.

Karena jabatan adalah amanah yang harus di pertanggungjawabkan baik di dunia maupun kelak di akhirat nanti, " terangnya. 

Harapan beliau untuk tahun depan desa Tlogosari mampu membangun sebagian besar infrastruktur jalan yang mana infrastruktur jalan mampu mendongkrak kemajuan ekonomi masyarakat dari segi transportasi bisa lebih baik dan terus meningkat dari tahun ke tahun. ($.wawan)