Input Data KPU Pati Sempat Alami Human Error

THI. Pati - Pada perhitungan akhir rekapitulasi suara hasil Pemilu 2024 yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati, Sabtu (2/3) kemarin. Ditemukan satu kesalahan dari pihak KPU dalam hal input data hasil suara dari salah satu partai peserta pemilu.

Dok/Nugraheni Yuliadhistiani.

Komisioner KPU Pati Nugraheni Yuliadhistiani membenarkan kejadian ini. Pihaknya juga telah meminta maaf kepada parpol yang bersangkutan karena kesalahan ini. Diakui oleh Adhis, salah input ini bisa berakibat fatal karena berhubungan dengan angka perolehan suara, senin tgl (04/03/24).


"Dari parpol dan celegnya juga sudah datang kesini. Memang itu kesalahan input dari kami, tetapi sudah kami perbarui SK (Surat Keputusannya)," ucapnya.


Dirinya juga tak memungkiri, faktor kelelahan dari petugas KPU dalam menginput data membuat adanya kesalahan.


Hal yang lebih parah lagi, SK hasil rekapitulasi yang sebelumnya mengalami kekeliruan sudah masuk di website resmi KPU. Untuk itu, Adhis mewakili KPU Pati meminta maaf akibat keteledorannya ini.


"Sebenarnya kemarin sudah jadi. Tapi teman-teman ada salah input. Jadi ada perubahan SK dan saat ini baru kita godok, biar lebih detail. Karena ini masalahnya dengan angka, kalau salah sedikit saja bisa geger. Jadi ada kesalahpahaman input dari kami," imbuhnya.


Salah input angka ini, kata Adhis, juga terjadi di beberapa TPS (Tempat Pemungutan Suara) pada perhitungan lalu. Ia pun meminta agar masyarakat memaklumi hal ini, dan berjanji untuk memperbaiki kinerja terutama dalam hal input data.


"Sudah kita cek semua bersama semua pihak. Angkanya benar semua, tapi saat diketik ada kesalahan angkaKita sudah take down website itu. Kita akan ganti melalui SK perubahan," tandasnya. (RED)