Sambut HUT RI Ke-78, Ratusan Orang Donorkan Darah di Kodim Sragen

THI. Sragen - Dalam rangka memeriahkan rangkaian acara menyambut HUT RI ke-78, Kodim Sragen bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) mengadakan kegiatan sosial donor darah yang berlangsung di Aula guyub rukun Makodim Sragen, selasa tgl (15/08/23). 

Berbagi kasih ratusan orang ikut donor darah di Makodim Sragen.

Kegiatan donor darah ini diikuti oleh prajurit TNI, POLRI, PNS TNI, Dinas Pemadam Kebakaran, Dishub, Satpol PP Persit, FKPPI, Hipakad (Himpunan Putra Putri Angkatan Darat) Perguruan Silat dan Ormas. Target kegiatan donor darah hari ini yaitu sebanyak 150 kantong darah, dari peserta yang sudah melewati serangkaian tes dan disetujui oleh Dokter dari PMI. 

Wiwik Hastuti, AMD.Kep dari PMI Sragen mengatakan peserta yang akan melakukan donor darah diseleksi terlebih dahulu melalui screening atau pemeriksaan dari dokter PMI untuk mengecek, apakah mereka memiliki kondisi badan yang sehat, dalam artian memiliki tensi darah dan kadar sel darah yang cukup, memiliki berat badan yang cukup, tidak meminum obat-obatan, tidak menggunakan narkoba, dan tidak memiliki riwayat penyakit yang menular. 

“Syarat untuk melakukan donor darah yaitu wanita dan pria usia dewasa diatas 17 tahun dengan kadar tekanan darah dibawah 160/100 mmHg dengan kadar sel darah merahnya yaitu 12,5 sampai 18 g/dL" 

Sementara Dandim 0725/Sragen Letkol Inf Yoga Yastinanda mengatakan bahwa kegiatan Donor darah ini masih dalam rangka memperingati HUT RI setelah kemarin melaksanakan Karya Bakti pembersihan pasar mojo, Bakti Sosial pembagian 300 paket sembako dan penanaman pohon. 

"Kegiatan Donor darah ini disiarkan secara live melalui Video conference dan disaksikan langsung oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono" 

Dari 200 pendaftar, 187 orang yang bisa diambil darahnya, 13 orang terkendala tensi tinggi, HB rendah dan habis minum obat. (Puguh)