Ibu Kota JAWA BARAT Bakal Pindah? Daerah Ini yang Diisukan jadi Ibu Kota Provinsi Jabar

Ibu Kota Jawa Barat Bakal Pindah, Bukan Bandung Tapi 3 Daerah Ini Yang Diisukan Menjadi Ibu Kota Provinsi.

THI.Bandung - Tidak hanya diterpa wacana pemekaran saja, kawasan Jawa Barat juga diisukan bakal memindah ibu kota provinsinya.

Bahkan wacana pemindahan Ibu Kota Provinsi Jabar terus berkelindan, ada banyak wilayah yang digadang-gadang menjadi suksesor Kota Kembang – julukan Bandung – untuk menjadi pengganti.

Bahkan lantaran wilayah-wilayah di Jawa Barat memiliki daerah yang cukup potensial menjadi pengganti ibu kota provinsi.

Tidak sedikit usulan muncul dari berbagai pihak, bahkan hal itu sempat diucapkan langsung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada suatu acara yang ia hadiri. Selasa, (31/01/2023).

Dikutip dari berbagai sumber, ada berbagai aspek yang dinilai mendasari isu pemindahan Ibu Kota Provinsi Jabar.

Salah satunya ialah kepadatan penduduk yang dinilai sangat tinggi di Kota Bandung membuat berbagai aktivitas tidak worth it dilakukan.

Bahkan saat liburan tiba, akses jalur utama di Kota Bandung tidak pernah sepi dari wisatawan sehingga membuat akses jalurnya terhambat.

Alasan itulah yang diharapkan mampu untuk mengurai permasalahan hingga akhirnya wacana pemindahan ibu kota tersebut berhembus.

Bahkan pada tahun 2019 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sudah mulai melakukan kajian untuk wacana pemindahan Ibu Kota dari Kota Bandung.

Berdasarkan kajian tersebut hal itu juga sudah disetujui legislatif dalam rapat paripurna DPRD Jabar periode 2019-2024 pada Rabu, 28 Agustus 2019 malam.

Kala itu Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pun mengkonfirmasi jika terdapat tiga lokasi yang diproyeksikan menjadi Ibu Kota Baru Provinsi Jawa Barat.

Tiga lokasi tersebut muncul dari kajian dan potensi yang bisa dikembangkan seandainya isu pemindahan Provinsi Jabar terealisasi.

Tiga tempat yang bakal menjadi pengganti Kota Bandung memang bukan kota sembarangan yang tentunya memiliki peran penting di wilayahnya masing-masing.

1. Tegalluar (Kabupaten Bandung)

Memiliki luas wilayah 736 Hektar, kawasan yang berada di Kecamatan Bojongsoang ini memiliki jumlah penduduk sekitar 17,92 ribu jiwa sehingga cukup layak jadi kandidat pengganti Bandung.

2. Walini (Kabupaten Bandung Barat)

Memiliki luas wilayah 10.500 Hektar, kawasan ini dihuni oleh sekitar 123 ribu jiwa penduduk. Wilayah di Kecamatan Cikalong Wetan ini memiliki keunggulan di sektor pertanian kebun teh.

3. Kertajati (Kabupaten Majalengka)

Kawasan dengan luas wilayah 13.800 Hektar ini berada di Kecamatan Kertajati. Memiliki total penduduk sekitar 32 ribu jiwa kawasan ini memiliki Bandara Kertajati dan Pelabuhan Patimban.

Meski wacana untuk pemindahan ibu kota itu hingga saat ini belum bisa dipastikan akan dilakukan kapan oleh Pemprov Jabar.

Mengingat hingga saat ini pemerintah pusat dan Pemerintah daerah di Jawa Barat belum menemukan kata sepakat untuk menjawab isu tersebut. (dho).