Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemilu Serentak di Kab. Pati Bersama Anggota DPR RI Riyanta, S.H

THI. Pati - Bertempat di Joglo Aspirasi Riyanta di gelar acara sosialisasi "Bersama rakyat awasi Pemilu adalah tagline hari ini Sosialisasi Pengawasaan Penyelenggaraan Pemilu. Yang mana pemilu adalah sarana kegiatan untuk memilih anggota DPRD, DPR RI, DPD, pilkada dan Presiden. Yang  nanti penyelenggaraan pemilu yang akan datang pada tanggal 14 pebruari 2024. Dan pilkada yang akan diselenggarakan pada 27 november thn 2024.

Pendidikan politik sangat penting untuk para pemilih pemula.

Hadir anggota DPR RI komisi II Riyanta, S.H dari fraksi PDI Perjuangan, ketua KPU Imbang Setiawan, ST dan para tamu undangan. Pemilu harus kita awasi bersama sesuai amanat undang undang, dari mulai tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga nasional," ujarnya, kamis tgl (08/12/22).

Adapun sambutan dari ketua KPU kab. Pati  "Bahwa pentingnya sebuah pemilu yang mana setiap lima tahun sekali diadakan pemilihan baik Presiden maupun wakil rakyat, adapun kontestasi partai yang ikut ada 18 partai.," sambungnya.

Yang selanjutnya penyelenggara pemilu ada tiga yaitu KPU, Bawaslu dan DKPP yang nantikannya akan mengawasi penyelenggaraan pemilu yang akan datang dan akan diawasi oleh DKPP.

Kenapa penyelenggaraan pemilu perlu diawasi, sesuai amanah UU pemilu terkait intergritas yang jurdil (jujur dan adil). Karena hasilnya adalah dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Mekanisme sentra gakkumdu (sentra penegakan hukum terpadu) yang meliputi kepolisian, kejaksaan dan Bawaslu inilah yang akan menjadi akses keadilan pelanggaran pelanggaran pemilu.

Undang Undang Pemilu no 7 thn 2017 yang menjadi dasar ada empat penggaran yaitu administrasi, kode etik, pelanggaran perundang undangan pemilu dan tindak pidana pemilu," terang ketua KPU PATI.

Sambutan oleh anggota DPR RI komisi 2 PDI Perjuangan Riyanta, S.H menyampaikan bahwa pemilu pada tgl 16 pebruari 2024 yang akan datang adalah sangat strategis agar berjalan sesuai undang undang dapat berjalan dengan jujur dan adil," sambungnya.

Suatu prestasi juga dengan konstetasi para calon dan kandidat, saya yakin pemilu yang akan datang berjalan dengan sukses. Dan pada pemilihan Presiden harus kita kawal sepenuhnya agar kita memiliki sosok pemimpin yang baik dan berintregritas dalam membangun NKRI," tutup Riyanta, S.H. ($.cipto)