Sedekah Bumi, Desa Bugis Gelar Istighosah Karnaval dan Pagelaran Wayang Kulit

THI. Indramayu - Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas rezeki melalui kekayaan bumi dan hasil bumi, pemerintah desa Bugis Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu mengadakan Istighosah dalam rangka sedekah bumi, Sabtu (10/12/22).

Johan Wahyudin S.Pd.I. (Kuwu) Desa Bugis, Mengikuti Karnaval Gunungan Hasil Bumi Masyarakat Desa Bugis di Ikuti Aparatur Desa dan Masyarakat.

Kegiatan Istighosah yang dipimpin KH. Ushfuri Anshor pengasuh ponpes Al-Islah Compreng Subang dilaksanakan di dalam Aula  balai desa bugis dan dihadiri ratusan masyarakat desa bugis, tokoh masyarakat, Camat, Babinsa Babinmas dan tamu undangan. 

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu indonesia raya Lantunan sholawat Nabi dari jamaah dan peserta yang hadir dan kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari kuwu desa Bugis Johan Wahyudin S.Pd.I. dan Rory Firmansyah, S.STP., M.Si, Camat Anjatan dan Istighosah langsung dipimpin oleh KH. Ushfuri Anshor pengasuh ponpes Al-Islah Compreng.

Johan Wahyudin S.Pd.I. Kepala desa Bugis dalam sambutan menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh warga desa Bugis yang telah datang menghadiri acara istighosah.

”Momen seperti inilah yang jarang kita jumpai, kita bisa berkumpul dan bersama- sama mengirim doa kepada leluhur atau sesepuh desa bugis, dan baru pertama kalinya selama kurun waktu dua tahun saya memimpin mengadakan acara istighosah seperti ini, dengan harapan desa bugis akan menjadi lebih baik dari yang baik dan berharap masyarakat desa bugis bisa mencapai kesejahteraan dan terhindar dari marabahaya, Amiiin,” ucapnya.

Sementara itu Rori Camat Anjatan disela - sela sambutannya mengatakan "Mengapresiasi kepada panitia dalam hal ini pemerintahan desa bugis yang mengadakan acara istighosah, berharap dalam kegiatan ini mempunyai niat yg ikhlas untuk berdoa bersama meminta keberkahan dan berharap di jauhi dari marabahaya dan berdoa untuk saudara - saudara kita yang terkena musibah baik gempa di Cianjur maupun yang terdampak meletusnya gunung semeru, semoga saudara - saudara kita diberikan ketabahan dan musibah ini segera berlalu," ungkap Rori.

Acara sedekah bumi juga dimeriahkan dengan diadakannya karnaval gunungan hasil bumi dan berkeliling desa bugis diikuti oleh seluruh elemen masyarakat desa bugis.

Selain acara istighosah dan karnaval, acara sedekah bumi ini juga ditutup dengan persembahan pagelaran wayang kulit Langen Budaya dengan dalang H. Anom Rusdi dari celeng, indramayu. (Edho)