Panglima TNI Cek Venue GWK, Satgas Pamwil Masuk Kedudukan dan Siap Amankan G20

THI. Badung - Bali - Kawasan obyek wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park di Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung menjadi salah satu venue utama KTT G20, yaitu sebagai venue welcoming dinner dan juga menjadi tempat menampilkan pertunjukkan kesenian untuk para Kepala Negara dan Delegasi KTT G20. Oleh karenanya, keamanan di lokasi tersebut harus benar-benar dipastikan secara matang.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat brefing bersama Dansatgas.

Mengingat TNI sebagai ujung tombak dalam sektor keamanan pelaksanaan Presidensi G20, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa didampingi para Dansatgas dan pejabat terkait yang terlibat dalam acara Presidensi KTT G20 melaksanakan peninjauan Venue GWK, pada Jumat (11/11/2022).

Tiba di GWK, Panglima TNI yang juga didampingi Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., selaku Dansatgas Pamwil VVIP dan Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono, S.H., M.Si., selaku Dansatgas Evakuasi, disambut oleh Danplek Satgas Pamwil GWK Letkol Czi Damai Adi Setyawan, S.I.P (Danyonzipur 18/YKR).

Dihadapan Panglima TNI, Danplek GWK memaparkan kesiapan pengamanan Venue GWK dari segala aspek, baik kesiapan personel Satgas yang terlibat maupun kesiapan materiil yang digunakan dalam pengamanan para tamu undangan VVIP peserta KTT G20 yang akan hadir.

"Personel Satgas telah siap di tiap titik-titik pengamanan dengan perlengkapan senjata lengkap. Dalam pelaksaan tugasnya, kami berkolaborasi dengan Satgas lainnya seperti Satgas Evakuasi, Satgas PAM VVIP dari Paspampres dan Satgas Kepolisian," jelas Danplek melaporkan kesiapannya kepada Panglima TNI.

Atas laporan yang disampaikan Danplek GWK, Panglima TNI memberikan apresisasi dan rasa bangga kepada seluruh personel Satgas Pamwil yang bertugas di GWK yang telah menyiapkan tugasnya dengan baik sesuai tugas pokok. Seluruh prajurit yang bertugas telah masuk kedudukan dan menempatkan posisi pada tempat yang krusial.

Selanjutnya, Panglima TNI bersama rombongan melaksanakan pengecekan langsung secara detail kawasan GWK untuk memastikan setiap personel yang bertugas dapat memahami tugasnya dengan harapan even KTT G20 di GWK dapat berjalan aman dan lancar. ($.lamet)