Kolaborasi Mensukseskan Vaksinasi Covid-19 Lansia dan Pra Lansia di Kudus Jawa Tengah

TH.Indonesia. Kudus - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Pemerintah kabupaten Kudus, Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (IKASTARA), RS Kumala Siwi Mijen, dan Pura Group berkolaborasi dalam menyelenggarakan program vaksinasi COVID-19 pada tanggal 12, 14, dan 15 Juni 2021, bertempat di Pura Group Kawasan V, Jl. Raya Pati - Kudus, kab. Kudus, Jawa Tengah.

Alumni SMA Taruna Nusantara giat vaksinasi para lansia.


Kegiatan ini menargetkan sebanyak 3.000 orang lansia dan pra-lansia di Kudus untuk dapat menerima vaksin COVID-19, hal ini selaras dengan program Pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19.

Menteri Kesehatan melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi Kesehatan dr. Mohamad Subuh, MPPM mengatakan bahwa Pelaksanaan pelayanan di sentra vaksinasi dapat dilakukan melalui kerja sama dengan TNI, POLRI dan pihak-pihak lainnya yang berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi COVID-19, Sabtu tgl (12/06/21).

“Kami sangat menyambut baik adanya dukungan dari IKASTARA dan berharap melalui dukungan yang diberikan maka cakupan vaksinasi COVID-19 di Kudus dapat dicapai sesuai target yang ditentukan," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa Kudus membutuhkan dukungan konkrit dari Pemerintah dan seluruh komponen masyarakat.

"Saya sangat berharap pelaksanaan penanggulangan COVID-19 di Kudus dapat berjalan dengan sebaik mungkin, baik dalam hal penyelenggaraan vaksinasi COVID-19 maupun kegiatan 3T yaitu Test, Tracing and Treatment," sambungnya.

Bupati Kudus H.M. Hartopo juga menyampaikan bahwa pihak Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi kolaborasi dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Sektor Swasta dan Organisasi dalam kegiatan vaksinasi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, harapan kami dengan adanya program vaksinasi ini bisa mengurangi lonjakan kasus COVID-19 di Kudus," kata Hartopo.

"Kolaborasi yang baik ini diharapkan bisa menjadi contoh bagi industri dan organisasi lain di kabupaten Kudus”, tandasnya.

Sementara itu Ketua Harian IKASTARA Hafif Assaf menyampaikan bahwa kolaborasi kegiatan vaksinasi di Kudus merupakan tindak lanjut pertemuan IKASTARA dan IKASTARA Medis dengan Menteri Kesehatan. 

"Alumni IKASTARA yang tersebar di berbagai provinsi dan berbagai profesi di Indonesia dan dunia selalu siap untuk memberikan tenaga bagi kemajuan Indonesia. 

Dalam kegiatan di Kudus, kami menerjunkan belasan Dokter anggota Ikastara Medis di area Jawa Tengah sebagai relawan vaksinator.
 
"IKASTARA berkomitmen untuk membantu mengatasi Pandemi COVID-19 dengan siap berkolaborasi kembali dengan Pemerintah Pusat, Daerah, dan sektor swasta dengan melakukan kegiatan sejenis di Kota/Kabupaten lainnya", ungkap Hafif.

Presiden Direktur Pura Group melalui General Manager Pura Group Agung Subani menyatakan terimakasih kepada pemerintah Pusat maupun daerah serta berbagai pihak yang berkolaborasi atas terselenggaranya vaksin.
 
"Pura Group siap untuk membantu pelaksanaan kegiatan Vaksin Lansia dan Pra Lansia di tiga hari ini yang dikhususkan untuk masyarakat Kudus. 

Secara internal, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi perusahaan kami," kata Agung Subani.

Menurutnya, Pura Group telah menginstruksikan karyawan berumur 50 tahun keatas yang berdomisili di Kudus untuk mengikuti vaksinasi ini.

Selain Bupati Kudus, hadir juga dalam kegiatan vaksinasi Tersebut Ketua DPRD Kudus Masan SE.MM, Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma SIK, Dandim Kudus Letkol Infantri Indarto, Perwakilan Yayasan Kumala Siwi Mijen, Irwansyah SM. (Agung)