Destinasi Wisata Cagar Budaya, Rumah Peninggalan Belanda dan Kereta Cengkir Manis Siap Menyapa Warga KUDUS

TH.Indonesia. Kudus - Tujuan menumbuhkan umkm,
menaikkan pendapatan desa, memamerkan budaya lokal desa, melalui cagar budaya yang ada dengan modal pribadi, Selasa tgl (20/10/20).

Wisata kereta cengkir manis siap menyapa warga kudus.

PG gula PTPN IX yang pertama di kudus adalah PG Mbabrik Tanjungrejo yang dibangun oleh kerajaan Belanda pada tahun 1889.

Adapun wisata edukasi sebagai wisata sejarah meliputi bidang budaya terdiri dari hujan dawet sudah dipatenkan, festifal karetan sesuai nama histori yang dulu," kata kades Christian Rahardianto SH.

Dalam pengelolaan rumah cagar budaya nanti sebagian di peruntukan sebagai Home stay untuk penginapan atau tempat istirahat buat keluarga atau bersama teman yang ingin rileks sejenak.

PTPN IX dalam pengelolaannya lahan lahan yang ada di kudus diserahkan kepada PG Rendeng, maka nantinya bekerja sama dan minta ijin untuk memanfaatkan rel dan gerbong juga kereta maupun lokomotif untuk diaktifkan kembali sebagai wisata cagar budaya dan bisa sebagai tranportasi pengunjung dalam menikmati cagar budaya yang terbentang di desa tanjung rejo jekulo kudus.

Di desa Tanjung rejo ada bermacam wisata antara lain yaitu waduk logung, cengkir manis, wisata di atas lahan sawah beserta perikanan jadi satu di depan pasar karetan /pasar ngablak serta cagar budaya PG Gula mbabrik hujan dawet, pasar karetan dan lainnya, tentu sebuah prestasi dan sungguh luar biasa Kades Christian Rahardianto SH atas inovasinya.

Harapannya agar kedepannya kabupaten kudus, bukan hanya punya museum kretek namun juga seperti kab. Ambarawa yang mempunyai kereta jaman dahulu pada masa perjuangan hingga sekarang masih aktif untuk wisata plesir dengan pemandangan persawahan maupun bukit pegunungan dengan menikmati sunrise di pagi atau sore hari.

Apalagi dengan dukungan penuh dari pemerintah daerah atau pemkab kudus dengan program para wisatawan, baik domestik maupun dari luar daerah, sebagai sumber PAD daerah.

Semoga dengan dimulainya pembangunan saat ini, diharapkan tahun depan sudah operasional untuk wisata kereta lokomotif sebagai jejak sejarah tempoe doeloe. ($.hari)