Jogo Tonggo Menjadi Patron Kampung Siaga Dalam Penerapan New Normal, Giat Sinergitas TNI - POLRI

TH.Indonesia. Pati - Bertempat di depan Punden makam mbah Tunggul Wulung desa Bendar kecamatan Juwana kabupaten Pati mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 09.10 WIB telah dilaksanakan kegiatan Patroli Sinergitas TNI - POLRI dalam rangka Implementasi Instruksi Presiden No. 6 Th. 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid 19, Selasa tgl (08/09/20).

Patron Jogo Tonggo dapat membentuk karakter dalam sebuah lingkungan yang lebih baik, yaitu saling asah, asih & asuh antar tetangga.

Kegiatan yang dihadiri oleh Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Safa'at S.I.K., Dandim 0718 Pati Letkol Czi. Czi. Adhi Ilham Zamani, SE, M.I.Pol, Kepala Syahbandar Juwana Kemenhub RI Juwita Sandy Sari, SH.,MM, muspika juwana, ketua DPC HNSI kabupaten Pati H. Rasmijan, ketua paguyuban nelayan cantrang mina santosa Juwana dan tokoh nelayan dan perwakilan pemilik kapal desa Bendar.

Membuka sambutannya, Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Safa'at S.I.K. menyampaikan bahwa situasi serta kondisi pandemi Covid 19 ini sejak bulan maret 2020 hingga sekarang masih cukup signifikan jumlah kasus pandemi Covid 19 sehingga diharapkan masyarakat dalam menjalankan aktivitas dalam bekerja tetap berpedoman protokol kesehatan.

“Pemerintah pusat maupun daerah tentunya sudah berupaya dengan berbagai cara dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Covid 19 melalui PSBB.

Namun demikian di wilayah Jateng tidak diberlakukan sehingga dengan menerapkan “Jogo Tonggo “ “jogo warga”, Kampung siaga Covid 19 dalam penerapan New Normal kemudian pemberlakuan adaptasi kebiasaan baru,” kata Arie.

“Semoga dalam situasi pandemi ini tidak berdampak pada aktivitas usaha bagi warga nelayan, kami berharap dalam melaksanakan aktivitas tanpa meninggalkan protokol kesehatan," sambungya.

“Harapan dari Pemerintah dengan diberlakukannya  adaptasi kebiasaan baru aktivitas ekonomi bisa berjalan lancar, dan jadikan pemakaian masker menjadi kebutuhan kita,” tegas Kapolres.

Sementara itu Dandim 0718 Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani, SE, M.I.Pol menyampaikan bahwa pandemi Covid 19 ini masih berkepanjangan hingga kedepan, “Pandemi ini kita semua tidak tahu kapan akan berakhir, TNI-POLRI mendapat perintah dari Presiden RI melalui Inpres No. 6 Th 2020 untuk melaksanakan sosialisasi, edukasi kepada masyarakat agar senantiasa mentaati protokol kesehatan," ujar Dandim.

Dia juga mengingatkan agar dipedomani protokol kesehatan yaitu wajib memakai masker, sering mencuci tangan dengan sabun atau hand Sanitizer dan menjaga jarak/hindari kerumanan.

“Kami mengajak kepada warga masyarakat yang hadir agar memedomani protokol kesehatan, sampaikan kepada keluarga, saudara, tetangga karena hal ini masih efektif guna pencegahan sebelum ditemukannya vaksin atau obatnya,” pungkasnya. (Amin)