Pabrik Gula PT. PG Pakis Baru Dilalap Dijago Merah

TH.Indonesia. Pati - Disaat matahari baru terbit dipagi hari, warga dihebohkan dengan asap yang membumbung tinggi dan terlihat api sudah berkobar melalap pabrik yang tengah baru produksi di pagi hari, Jumat tgl (01/05/20).


Jumat pagi dijalanan yang masih lengang, hanya hilir mudik truk tebu yang antri masuk daftar antrian penggilingan dikejutkan dengan suara percikan api pada pukul 06.25 WIB telah terjadi kebakaran hebat pada bagian boiler dan ampas giling milik PT. LPI PG Pakis baru desa Pakis kec. Tayu kabupaten Pati.

Kronologi kejadian sekitar pukul 06.25 WIB api yang keluar dari percikan bagian boiler menyambar ampas giling yang mudah terbakar dan membesar sehingga mengenai bagian konfiyer yang terbuat dari bahan karet yang mudah terbakar dan juga bagian atap yang terbuat dari bahan seng, sehingga api tidak mudah untuk dipadamkan oleh para karyawan.

Lautan api di dalam pabrik yang sudah melalap sebagian ruang produksi, berhasil dijinakkan oleh para pemadam kebakaran pada pukul 08.00 WIB.

Dikarenakan jarak tempuh yang cukup jauh dengan menggunakan 6 unit mobil pemadam kebakaran yang terdiri dari 3 unit mobil pemadam kebakaran Pemda kab. Pati 1 unit milik PT. LPI PG Pakis Baru serta 2 unit mobil Damkar milik PT. Garuda Food yang harus berjibaku untuk memadamkan api yang sudah menjalar dan menghanguskan sebagian ruang produksi tersebut.

Kerugian secara materiil yaitu bagian konfiyer yang terbuat dari karet rusak terbakar.

Akibat kejadian kebakaran ini operasional proses giling PT. LPI PG Pakis Baru terganggu, diperkirakan proses perbaikan menunggu hingga selama dua minggu kedepannya. (Effendi)