Sosialisasi Kesehatan Dalam Rangka Peringatan Hari Malaria Sedunia

TH.Indonesia. Keerom Papua - Satgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw, Pos Yabanda yang dipimpin Letda Inf Asep Nana, melaksanakan Kegiatan Sosialisasi tentang Penyakit Malaria ditengah mewabahnya Virus Corona (Covid-19), di kampung Yabanda, Distrik Yaffi, kabupaten Keerom, Provinsi Papua, Sabtu tgl (25/04/20).


Hal tersebut yang di sampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw, Letkol Inf Ary Sutrisno S.I.P dalam release tertulisnya di kabupaten Keerom, Minggu tgl (26/04/20).

Di katakan Dansatgas, pentingnya sosialisasi ini di lakukan mengingat masih banyaknya warga indonesia, khususnya wilayah papua daerah endemik malaria, dengan tujuan sebagai upaya untuk menghentikan penularan malaria setempat dalam satu wilayah geografis tertentu.

Danpos Yabanda dan Anggota Kesehatan Pos Yabanda, berkeliling di pemukiman masyarakat kampung Yabanda, untuk memberikan sosialisasi tentang penyakit malaria ditengah mewabahnya Virus Corona (Covid-19).

Seperti yang telah diketahui bahwa, setiap tgl 25 April, setiap tahunnya selalu diperingati sebagai Hari Malaria Sedunia. 

Malaria merupakan salah satu penyakit, yang di akibatkan oleh gigitan nyamuk anopheles.

Kegiatan sosialisasi ini diterima dengan baik oleh masyarakat yang ada di kampung Yabanda diperbatasan RI-PNG.

Adapun tujuan dilaksanakan sosialisasi jesehatan ini adalah, agar masyarakat lebih meningkatkan kesadaran tentang cara penularan sekaligus memberikan pemahaman tentang penyakit malaria.

Selain masyarakat mengerti tentang penyakit malaria, himbauan yang disampaikan oleh Danpos Yabanda kepada masyarakat kampung Yabanda, yaitu masyarakat harus menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal masing-masing, menjaga pola hidup dan makan.

Makanan yang bergizi adalah upaya untuk menghindari penyakit malaria.

Bapak Petrus Warner (52) Kepala Kampung Yabanda, mengucapkan terima kasih kepada Pos Yabanda Satgas Raider 300, atas kegiatan sosialisasi tentang penyakit malaria kepada masyarakat kampung Yabanda sekitarnya, sehingga masyarakat bertambah mengerti akan bahaya penularan penyakit malaria ini.

Sebab masyarakat yang tinggal di Kampung Yabanda, sebagian besar sudah pernah terserang penyakit malaria, baik anak-anak sampai orang dewasa, Bahkan akhir-akhir ini terdapat kasus kematian masyarakat di Kampung Yabanda, yang disebabkan oleh penyakit malaria.

Harapan yang di sampaikan oleh Kepala Kampung Yabanda, Apabila masyarakat kampung Yabanda sehat, maka Aktifitas sehari-hari masyarakat akan lancar dan kebutuhan perekonomian masyarakat akan terpenuhi. (Effendi)