Bangkitkan Minat Baca Anak Anak di Perbatasan, Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Mengajar Dengan Cara Unik

TH.Indonesia. Mahakam Ulu - Personel Satgas Yonif Raider 303/Setia Sampai Mati (SSM), Pos Kotis dipimpin Sertu JW Sitompul memberikan bantuan tenaga pendidik di SDN 005 Batu Majang, desa Batu Majang kecamatan Long bagun kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu tgl (19/02/20).


Para siswa/siswi SDN 005 Batu Majang terlihat sangat gembira ketika rombongan tenaga pendidik dari Satgas Yonif Raider 303/SSM datang ke sekolah, yang bertujuan untuk membantu pihak sekolah dalam kegiatan mengajar.

Puluhan siswa/siswi SDN 005 Long Bagun bergembira karena pagi ini Satgas Pamtas Yonif R 303 SSM mengajak mereka ke Rumah Baca “CAKRA” untuk belajar kelompok.

Sertu Jefry Sitompul yang setia mengajarkan dan memberikan ilmu-ilmu pengetahuan dan wawasan nusantara kepada siswa/siswi di perbatasan wilayah Kabupaten Mahakam ulu dilaksanakan pada tiap minggunya meliputi, wajib membaca, belajar wawasan nusantara dan sejarah-sejarah pahlawan. 

Kegiatan ini pertama kalinya diadakan di Rumah Baca “CAKRA” yang di resmikan pada Jum’at kemarin, selain mengajak mereka gemar membaca Sertu Sitompul juga memberikan wawasan pengetahuan dengan menggunakan Alins yang menarik.

Hal ini merupakan kegiatan variatif untuk meningkatkan minat mereka untuk belajar.
Dansatgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Letkol Inf Taufik Ismail, S.Sos, M.I.Pol., mengatakan “Dalam pelaksanaan ini Sertu Sitompul mengajarkan anak anak di SDN 005 Batu majang dengan memberikan pelajaran membaca dengan menggunakan boneka Muppet.

Cara ini dinilai dapat membangkitkan imajinasi dan daya tangkap anak-anak usia SD”.

Dansatgas menambahkan bahwa “Memberikan materi gemar membaca kepada siswa dan siswi SDN 005 Batu majang, salah satu untuk ikut mencerdaskan anak bangsa di perbatasan RI-Malaysia tepatnya di desa Batu majang.

Semoga dengan diberikannya materi ini dapat membantu meningkatkan kualitas para pelajar di desa Batu majang, karena pelajar merupakan masa depan Bangsa dan Negara”.

“Sebelumnya para tenaga pendidik sudah dibekali ilmu pengetahuan sebagai tenaga pendidik oleh Kemendikbud, sehingga secara keilmuan dan mental mereka memang sudah disiapkan untuk mengajar.

Harapan dari kami dengan diberikannya tenaga pendidik yang mempunyai ilmu pengetahuan yang memadai semoga dapat membantu meningkatkan SDM di perbatasan RI-Malaysia khususnya Desa Batu majang, kecamatan Long bagun,  kabupaten Mahakam Ulu, sehingga para pelajar mampu bersaing dengan para pelajar yang berada di kota - kota besar”, jelasnya.

Dansatgas juga mengucapkan, "Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan sehingga personil Satgas bisa memberikan bentuan sebagai tenaga pendidik kepada siswa SDN 005 Batu Majang, diharapkan, para siswa bisa menerima dan mengambil manfaat dari apa yang telah diberikan sehingga apa yang disampaikan tidak sia-sia, " imbuh Dansatgas.

Kepala sekolah SDN 005 Batu majang Bapak Hendrikus ajang beserta para guru sangat berterima kasih kepada para tenaga pendidik dari Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM, Pos Kotis yang telah membantu proses mengajar mengingat sekolah ini masih kekurang guru.

Sebagai kepala sekolah SDN 005 Batu majang,  bapak Hendrikus Ajang juga sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena murid - muridnya dapat menambah pengetahuan dan cara yang unik ini dapat membangkitkan minat anak anak di perbatasan untuk bersekolah. 

"Harapan saya kedepan bapak bapak dari Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM untuk menerapkan inovasinya kepada sekolah ini sehingga anak anak yang tadi nya malas bersekolah menjadi rajin," ujar Hendrikus. ($.gatot)