Babinsa Rintik Lakukan Pendampingan Pertanian, Sukseskan Swasembada Pangan

TH.Indonesia. Penajam - Babinsa Koramil 03 Babulu Kodim 0913 PPU Serda Suyadi melaksanakan upaya khusus (Upsus) pendampingan pertanian di Dusun 1 RT 04 Desa Rintik Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur, tujuannya untuk menyukseskan swasembada pangan nasional, Kamis (13/02/20) sore.


Babinsa Rintik turut bergabung membantu memanen jagung Manis di lahan milik salah satu warga. Tepatnya milik Lemi di lahan seluas 1 hektar, dengan hasil 120 karung.

Menurutnya, pendampingan petani menjadi salah satu tugas Babinsa. Dari mulai penyiapan lahan, masa tanam, perawatan hingga panen tiba. 

Kegiatan ini dilakukan demi mewujudkan swasembada pangan yang saat ini digalakkan oleh pemerintah. Komoditi yang diunggulkan di antaranya tanaman padi, jagung, dan kedelai (Pajale).

”Hal ini tidak boleh lepas dari pengawasan Babinsa dan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) pertanian, karena dengan adanya pendamping petani maka kesulitan yang di hadapi petani di lapangan akan terselesaikan dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Lemi mengaku terbantu dengan hadirnya Babinsa dalam mengolah lahan pertanian selama ini. ”

Kami berharap dengan adanya Babinsa dan PPL yang selalu mendampingi petani, hasil panen ke depan sesuai target yang diharapan, apalagi saat panen ini, mempercepat pengerjaan,” ujarnya. (Amin)