Masyarakat Tana Toraja Keluhkan Jaringan Telekomunikasi Masih Sangat Lemah

TH.Indonesia. Tana Toraja - Pengguna Handphone saat ini semakin bertambah, sebab kebutuhan akan komunikasi saat ini menjadi kebutuhan yang sangat mendasar, selain digunakan untuk berkomunikasi antar kerabat ataupun saudara, saat ini komunikasi via seluler sudah dimanfaatkan untuk bisnis, pemerintahan dan lain sebagainya.


Namun dibalik kecanggihan teknologi yang telah dinikmati masyarakat perkotaan, jaringan dibeberapa dusun di Kabupaten Tana Toraja belum sesuai harapan.

Keluhan itu disampaikan oleh warga di Dusun Solo’, Kelurahan Pasang, Makale Selatan, Kabupaten Tana Toraja, mereka mengeluhkan kondisi jaringan atau signal telekomunikasi masih sangat lemah.

Kondisi tersebut menyebabkan warga masih kesulitan dalam mengakses komunikasi terutama internet menggunakan gawai berupa telepon genggam atau laptop.

Salah satu warga Dusun Solo’, Yunus mengungkapkan, lemahnya kondisi signal milik beberapa provider terutama provider utama di Dusun Solo’ yaitu TELKOMSEL belum begitu merata.

Sulitnya kami menikmati paket data internet juga menjadi kendala dalam mengakses informasi dan komunikasi di era teknologi saat ini, (13/01/20).

Dengan kondisi yang ada lanjut Yunus, berharap Pemerintah Kabupaten Tana Toraja dan pihak operator penyedia layanan jaringan seluler dapat mengatasi persoalan tersebut. 

Pihak operator diharapkan dapat meningkatkan layanan dengan mendirikan tower pemancar atau penataan jaringan di kampung ini,” jelasnya.

Dikatakan, dirinya juga bingung dengan kondisi tersebut, wilayah Makale selatan ini hanya berjarak kurang lebih 10 KM dari Kota Makale, Ibu Kota Kabupaten Tana Toraja, seharusnya jarak yang cukup dekat dengan Pusat Pemerintahan, hal seperti ini dapat dengan mudah teratasi. (Amin)